Jumat 26 Nov 2021 09:24 WIB

Saham Asia Jatuh Dipicu Varian Baru Covid-19

Varian baru Covid-19 dikhawatirkan menghambat pemulihan ekonomi global.

Red: Friska Yolandha
Karyawan memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (19/11). Saham-saham Asia jatuh pada awal perdagangan Jumat (26/11), dan menuju penurunan mingguan terbesar dalam hampir dua bulan.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Karyawan memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (19/11). Saham-saham Asia jatuh pada awal perdagangan Jumat (26/11), dan menuju penurunan mingguan terbesar dalam hampir dua bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Saham-saham Asia jatuh pada awal perdagangan Jumat (26/11) dan menuju penurunan mingguan terbesar dalam hampir dua bulan. Sementara, aset-aset safe haven seperti obligasi dan yen menguat karena varian virus baru menambah kekhawatiran tentang pertumbuhan di masa depan dan suku bunga AS yang lebih tinggi.

Varian tersebut, yang terdeteksi oleh para ilmuwan di Afrika Selatan, mungkin dapat menghindari respons kekebalan dan telah mendorong Inggris untuk segera memberlakukan pembatasan perjalanan di Afrika Selatan.

Baca Juga

Rand Afrika Selatan turun 1,0 persen pada awal perdagangan, seperti halnya minyak mentah berjangka AS. Indeks berjangka S&P 500 turun 0,4 persen, sementara dolar Australia dan Selandia Baru yang sensitif terhadap risiko turun ke posisi terendah tiga bulan.

"Pemicunya adalah berita varian Covid-19 dan ketidakpastian tentang apa artinya ini," kata Ray Attrill, kepala strategi valas di National Australia Bank di Sydney. 

Indeks Nikkei Jepang anjlok 1,7 persen pada awal perdagangan dan saham Australia turun 0,6 persen. Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,2 persen menuju penurunan mingguan 1,0 persen dan saham dunia (MSCI Global) sementara masih mendekati rekor tertinggi, menuju penurunan mingguan 0,7 persen, terbesar sejak awal Oktober.

Sedikit yang diketahui tentang varian baru. Namun para ilmuwan mengatakan kepada wartawan bahwa itu memiliki "konstelasi yang sangat tidak biasa" dari mutasi, yang mengkhawatirkan karena mereka dapat membantunya menghindari respons kekebalan tubuh dan membuatnya lebih menular.

Pihak berwenang Inggris berpikir itu adalah varian paling signifikan hingga saat ini dan khawatir itu bisa tahan terhadap vaksin.

Yen melonjak sekitar 0,4 persen menjadi 114,91 per dolar dan emas naik 0,2 persen menjadi 1.792 dolar AS per ounce. Pergerakan tersebut datang dengan latar belakang kekhawatiran tentang wabah Covid-19 yang mendorong pembatasan pergerakan dan aktivitas di Eropa serta ketika pasar secara agresif menaikkan suku bunga tahun depan di Amerika Serikat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement