Jumat 26 Nov 2021 16:05 WIB

Guru Penjaga Kemerosotan Moral Anak Didik

Guru ikut bertanggung jawab atas peningkatan dan kemerosotan moral anak didiknya.

Red: Karta Raharja Ucu
Tugas guru kini lebih berat di era teknologi untuk menjaga kemerosotan moral anak didiknya.
Tugas guru kini lebih berat di era teknologi untuk menjaga kemerosotan moral anak didiknya.

REPUBLIKA.CO.ID, Momentum Hari Guru Nasional 2021 diperingati pada Kamis, 25 November. Peringatan ini bertepatan pula dengan Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Momentum ini sepatutnya menjadi evaluasi dari semua sisi, terutama sebagai pendidik dalam menghadapi tantangan globalisasi. Mau tidak mau, guru harus pandai bertransformasi agar mampu menyampaikan informasi dan mentransfer karakter dan budi pekerti dengan tepat kepada peserta didik, tanpa harus merasa tersaingi oleh keberadaan teknologi.

Dikutip dari laman Kemendikbudristek, tema Hari Guru Nasional 2021 "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan". Sangat tepat perlu ada hati dalam mendidik generasi di abad ke-21.

Dampak kemajuan teknologi dan globalisasi mulai mengikis budaya ketimuran. Salah satunya berakibat pada kemerosotan moral. Mau tidak mau, guru ikut bertanggung jawab atas peningkatan dan kemerosotan moral anak didiknya.

Untuk itu, tugas guru pada abad ke-21 tidak cukup pada proses transfer ilmu atau sekadar pengajaran mata pelajaran. Paling penting, mencetak karakter yang tak mampu diberikan kemajuan teknologi, tapi harus mampu dilakukan guru pada abad ke-21.

PENGIRIM: Asmarida, Aceh Barat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement