Himakom UNY Adakan Bulan Komunikasi 2021

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Mahasiswa sedang mempersiapkan kegiatan Bulan Komunikasi 2021.
Mahasiswa sedang mempersiapkan kegiatan Bulan Komunikasi 2021. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himakom) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan menggelar kegiatan Bulan Komunikasi 2021. Tahun ini, Bulan Komunikasi akan mengangkat tema 'Freedom of Speech'.

Tema itu kemudian dikembangkan menjadi 'Infinity' sebagai nama acara berarti tidak terhingga. Harapannya, kebebasan berpendapat yang ada seharusnya tidak terhingga dengan asas bebas dan mempertimbangkan norma.

'Show Your Choice With Your Voice' sebagai tagar melengkapi Bulan Komunikasi 2021 dengan kemasan menarik. Kegiatan dilakukan sebagai ajang mengapresiasi karya-karya bidang keilmuan komunikasi, khususnya bidang fotografi dan film.

Lalu, podcast, video iklan, PR campaign, news casting, karya tulis dan karya 2D. Jadi wadah silaturahim mahasiswa komunikasi antar organisasi dan komunitas. Kegiatan meliputi pameran, bincang-bincang, kampanye, dan malam penghargaan.

Pameran diadakan selama dua hari 27–28 November 2021. Pameran Bulan Komunikasi 2021 sendiri mengangkat tema 'Kebebasan Berpendapat' dan bincang-bincang soal kebebasan berpendapat bertajuk How social media could reach freedom of speech.

"Nantinya bincang-bincang akan menghadirkan akademisi yang kompeten di bidang politik untuk membahas regulasi, influencer yang akan berbicara mengenai konsep praktis penggunaan sosial media untuk memfasilitasi kebebasan berpendapat," kata Humas Bulan Komunikasi 2021, Veronika Eggy Larasati, Jumat (26/11).

Kemudian, kampanye digelar pada 4 Desember 2021 dengan berbekal isu mengenai kebebasan berpendapat. Nantinya akan dimediasi dengan media sosial dan beragam bentuk konten yang dibuat untuk menyadarkan masyarakat pentingnya pendapat.

Ada konten berupa audio visual, desain, dan lain-lain. Sebagai puncak kegiatan kampanye akan diunggah deklarasi massal oleh peserta-peserta Bulan Komunikasi 2021 melalui media sosial pribadi pada malam penghargaan Bulan Komunikasi 2021.

Malam penghargaan akan diadakan dalam sehari secara daring, bersamaan dengan acara bincang-bincang pada 4 Desember 2021. Malam penghargaan akan memberikan penganugerahan kepada insan-insan yang telah berkarya dalam bidang komunikasi.

"Baik internal maupun eksternal Ilmu Komunikasi UNY. Kunjungi media sosial @bulankomunikasiuny di Instagram untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai kegiatan Bulan Komunikasi 2021 dari Himakom UNY," ujar Veronika.

Terkait


Pembangkit Listrik Portabel Inovasi Mahasiswa UNY

Perguruan Tinggi Perlu Responsif Hadapi Megatrend 2045

Mahasiswa UNY Susun Pembelajaran Inovatif

Mahasiswa UNY Buat Nanospray untuk Cegah Radiasi Gawai

Blimp Drone UNY Mampu Deteksi Kerumunan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark