Ahad 28 Nov 2021 06:23 WIB

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Honda Beralih ke Teknologi AI

Honda mengembangkan teknologi AI untuk memperingatkan pengemudi bahaya lalu lintas.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Honda Beralih ke Teknologi AI
Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Honda Beralih ke Teknologi AI

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perusahaan Honda Motor mengintegrasikan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan kendaraannya. Langkah tersebut dibuat untuk memperingatkan pengemudi akan bahaya lalu lintas dan kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan manusia.

Ini juga didorong dari pembuat mobil dan sepeda motor Jepang yang memenuhi target nol kematian pada 2050. Teknologi bantuan pengemudi bertenaga AI Honda diungkapkan pada Kamis dan menjadi yang pertama di dunia. Honda akan memeriksa pergerakan dan kesehatan pengemudi menggunakan kamera pemantau dan sensor.

Baca Juga

Selain itu, Honda berencana menempatkan teknologi, termasuk kegunaan, seperti mengencangkan sabuk pengaman atau memancarkan peringatan yang dapat didengar ke dalam kendaraannya pada paruh kedua tahun 2020-an. Produsen mobil Jepang sedang meningkatkan pengembangan teknologi keselamatan mereka pada saat populasi menua dengan cepat.

“Dalam situasi lain, jika seorang pengemudi mencoba mengubah jalur ketika kendaraan lain mendekat dari belakang, mereka akan diberikan peringatan suara arah 3D yang berasal dari pengeras suara di dalam kendaraan,” kata Honda, dilansir Japan Today, Ahad (28/11).

Fungsi keselamatan lainnya termasuk kursi yang bergetar untuk mencegah pengemudi tertidur dan memberikan bantuan kemudi dalam menanggapi mengemudi yang tidak menentu berguna untuk pengemudi lanjut usia. Pejalan kaki juga bisa mendapatkan peringatan ponsel cerdas yang akan membantu mereka menghindari dari kecelakaan lalu lintas.

Honda sedang mengembangkan teknologi lain dengan operator seluler SoftBank Corp yang menghubungkan pengemudi dan pengguna jalan lainnya melalui jaringan telekomunikasi. “Informasi yang dikumpulkan dari dalam kendaraan atau kamera lain akan digunakan untuk memprediksi situasi lalu lintas yang berbahaya dengan bantuan AI dan orang-orang yang menghadapi bahaya akan diperingatkan,” ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah kematian di Jepang akibat kecelakaan lalu lintas menurun. Menurut Badan Kepolisian Nasional, jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas tahun 2020 mencapai 2.839, terendah sejak data tersedia pada 1948 yang menandai penurunan 11,7 persen dari tahun sebelumnya.

Di antara pembuat mobil besar Jepang, Toyota Motor Corp telah mengembangkan sistem yang menggunakan data besar untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan oleh pengemudi yang salah menginjak pedal gas ketimbang rem. 

ttps://japantoday.com/category/tech/honda-turns-to-ai-powered-tech-to-make-roads-safer

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement