Ahad 28 Nov 2021 10:07 WIB

5 Manfaat Kismis Hitam untuk Kesehatan

Pilih kismis hitam yang dikeringkan secara alami.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Indira Rezkisari
Kismis hitam
Foto: EPA
Kismis hitam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kismis hitam adalah salah satu cemilan sehat. Konsumsi kismis bisa membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap terkendali.  

Dilansir dari News18.com, Ahad (28/11), kismis hitam memiliki seragam manfaat. Mulai dari mencegah kerontokan rambut hingga menghilangkan sembelit, manfaat kismis hitam tidak terhitung banyaknya.  

Baca Juga

Kismis hitam yang sedikit manis dan sedikit tajam disiapkan dengan mengeringkan varietas anggur hitam tertentu. Anda juga dapat menambahkannya ke berbagai makanan penutup seperti kue atau smoothies untuk mendapatkan rasa manis alami.

Berikut adalah beberapa manfaat dari kismis hitam :

Membantu Osteoporosis

Kismis hitam kaya akan potasium, kalsium dan juga zat besi. Tingginya jumlah kalsium yang ada di dalamnya memperkuat tulang dan karenanya membantu mencegah timbulnya osteoporosis.

Mengurangi Uban dan Rambut Rontok

Jika Anda mengalami rambut kering dan rapuh, mulailah mengonsumsi kismis hitam setiap hari. Kismis adalah pembangkit tenaga besi dan mengandung vitamin C yang memfasilitasi penyerapan mineral dengan cepat dan memberi nutrisi pada rambut.

Menjaga Tekanan Darah

Kismis hitam bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Kalium berlebihan yang ada dalam kismis membantu mengurangi natrium dari darah dan karenanya mengontrol tingkat tekanan darah.

Meredakan Konstipasi

Jumlah serat makanan yang melimpat dalam kismis hitam memberikan massa yang besar ke tinja dan membantu menghindari konstipasi.

Mencegah Anemia

Kismis hitam sangat kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia. Konsumsi segenggam kismis hitam setiap hari dapat menyembuhkan anemia.

Selain itu, kismis hitam juga bermanfaat dalam mengurangi kram menstruasi, memerangi kolesterol LDL yang tidak sehat (menurunkan kolesterol LDL LDL), baik untuk kesehatan mulut (karena adanya fitokimia).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement