Ahad 28 Nov 2021 12:08 WIB

Erick Thohir Luncurkan Gerakan BUMN Hijaukan Indonesia

Penanaman pohon merupakan kewajiban BUMN untuk menghijaukan Indonesia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan gerakan penanaman pohon BUMN serentak dalam Hari Menanam Pohon Indonesia pada Ahad (28/11).
Foto: Tangkapan Layar
Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan gerakan penanaman pohon BUMN serentak dalam Hari Menanam Pohon Indonesia pada Ahad (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan  pelaksanaan penanaman pohon BUMN serentak dalam Hari Menanam Pohon Indonesia pada Ahad (28/11). Erick menyebut penanaman pohon merupakan kewajiban BUMN untuk menghijaukan Indonesia.

"Kita sudah terlalu lama mengeksploitasi sumber daya alam kita dan tentunya Alhamdulillah kita sendiri masih diakui di dunia merupakan negara terbaik yang merawat hutannya," ujar Erick saat penanaman pohon BUMN serentak dalam Hari Menanam Pohon Indonesia pada Ahad (28/11).

Baca Juga

Erick menilai Indonesia telah melakukan upaya nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini juga merupakan komitmen dari Presiden Joko Widodo.

"Jadi kalau negara-negara lain bicara mengenai lingkungan hidup, Indonesia ini salah satu paru-parunya dunia, apalagi kalau kita lihat bagaimana sekarang bapak presiden Bapak Presiden Joko Widodo langsung turun ke bawah melakukan gerakan penanaman mangrove yang akan dibangun di 30 titik," lanjutnya. 

Erick meminta BUMN membantu pemerintah dalam percepatan penanaman 111 ribu pohon di seluruh Indonesia. Erick mengaku telah mengubah strategi CSR BUMN untuk lebih fokus pada tiga hal yakni pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM. 

"Karena sudah waktunya di era efisiensi ini dan juga pasti direksi juga sekarang lagi stres-stres sama saya karena dituntut deviden, karena itu kalau deviden juga harus efisien, CSR juga harus efisien," ucap Erick. 

Erick ingin program CSR BUMN menjadi gelombang besar agar berkontribusi maksimal dalam lingkungan hidup, memastikan kesiapan generasi muda dalam menghadapi era disrupsi, dan juga bagi UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia.

"Gerakan kolaborasi BUMN hijaukan Indonesia ini bukan hanya untuk BUMN, tetapi yang seperti kita lihat, para pemimpin daerah hari ini hadir sehingga gerakan ini bukan gerakan nyuruh-nyuruh tetapi gerakan hati bahwa kita bertanggung jawab untuk masa depan kita dan yang paling penting buktikan kepada dunia, kalau dunia banyak bicara, kita sedikit bicara banyak kerja," kata Erick. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتَ النَّبِيِّ اِلَّآ اَنْ يُّؤْذَنَ لَكُمْ اِلٰى طَعَامٍ غَيْرَ نٰظِرِيْنَ اِنٰىهُ وَلٰكِنْ اِذَا دُعِيْتُمْ فَادْخُلُوْا فَاِذَا طَعِمْتُمْ فَانْتَشِرُوْا وَلَا مُسْتَأْنِسِيْنَ لِحَدِيْثٍۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ يُؤْذِى النَّبِيَّ فَيَسْتَحْيٖ مِنْكُمْ ۖوَاللّٰهُ لَا يَسْتَحْيٖ مِنَ الْحَقِّۗ وَاِذَا سَاَلْتُمُوْهُنَّ مَتَاعًا فَاسْـَٔلُوْهُنَّ مِنْ وَّرَاۤءِ حِجَابٍۗ ذٰلِكُمْ اَطْهَرُ لِقُلُوْبِكُمْ وَقُلُوْبِهِنَّۗ وَمَا كَانَ لَكُمْ اَنْ تُؤْذُوْا رَسُوْلَ اللّٰهِ وَلَآ اَنْ تَنْكِحُوْٓا اَزْوَاجَهٗ مِنْۢ بَعْدِهٖٓ اَبَدًاۗ اِنَّ ذٰلِكُمْ كَانَ عِنْدَ اللّٰهِ عَظِيْمًا
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu dipanggil maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi sehingga dia (Nabi) malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak boleh (pula) menikahi istri-istrinya selama-lamanya setelah (Nabi wafat). Sungguh, yang demikian itu sangat besar (dosanya) di sisi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 53)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement