Ahad 28 Nov 2021 23:15 WIB

Belanda akan Umumkan Temuan Kasus Varian Omicron

Ada 61 orang yang tiba di Belanda dari Afrika Selatan terkonfirmasi positif Covid-19

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Bandara Schipol, Amsterdam. Ada 61 orang yang tiba di Belanda dari Afrika Selatan terkonfirmasi positif Covid-19. Ilustrasi.
Foto: AP
Bandara Schipol, Amsterdam. Ada 61 orang yang tiba di Belanda dari Afrika Selatan terkonfirmasi positif Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM - Otoritas kesehatan Belanda akan mengumumkan temuan kasus varian Omicron pada Ahad petang waktu setempat setelah 61 orang yang datang dari Afrika Selatan terbukti positif Covid-19. Institut Kesehatan Belanda (RIVM) pada Sabtu (27/11) mengaku yakin varian baru itu telah menginfeksi sejumlah orang yang positif dari sekitar 600 penumpang pesawat yang dites saat tiba dengan dua penerbangan dari Afsel pada Jumat.

Juru bicara RIVM pada Sabtu mengatakan mereka "hampir pasti" menemukan kasus Omicron. Namun masih perlu menguji lagi dan institut tidak akan mengungkap berapa kasus yang ditemukan sebelum semuanya jelas. Dia mengatakan pada Ahad temuan kasus akan dirilis petang.

Baca Juga

Kemunculan Omicron yang disebut "varian yang diwaspadai" oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan lalu telah menimbulkan kekhawatiran dunia karena bisa mengurangi kemanjuran vaksin dan memperpanjang pandemi Covid-19. Sedikitnya sembilan negara telah melaporkan temuan kasus varian baru itu.

Penyelidikan Belanda dimulai dengan menguji 624 penumpang dari dua penerbangan yang tiba di Bandara Schipol, Amsterdam pada Jumat. Pemerintah Belanda kemudian mengubah aturan lalu lintas penerbangan dari wilayah selatan Afrika untuk mewaspadai Omicron.

Enam puluh satu penumpang yang terbukti positif kini diisolasi di sebuah hotel dekat bandara. Otoritas kesehatan Belanda juga menelusuri kontak dan menguji sekitar 5.000 penumpang lain yang datang dari Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, atau Zimbabwe sejak Senin.

Kekhawatiran pada varian Omicron muncul di saat banyak negara Eropa berjuang menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Di Belanda, aturan yang berlaku sejak Ahad mengharuskan bar, restoran, dan sebagian besar toko tutup pada pukul 17.00. Kebijakan itu diambil untuk menahan gelombang baru Covid-19 yang mencatatkan rekor pada jumlah kasus dan membebani sistem kesehatan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ لَكَ الْمُخَلَّفُوْنَ مِنَ الْاَعْرَابِ شَغَلَتْنَآ اَمْوَالُنَا وَاَهْلُوْنَا فَاسْتَغْفِرْ لَنَا ۚيَقُوْلُوْنَ بِاَلْسِنَتِهِمْ مَّا لَيْسَ فِيْ قُلُوْبِهِمْۗ قُلْ فَمَنْ يَّمْلِكُ لَكُمْ مِّنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا اِنْ اَرَادَ بِكُمْ ضَرًّا اَوْ اَرَادَ بِكُمْ نَفْعًا ۗبَلْ كَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرًا
Orang-orang Badui yang tertinggal (tidak turut ke Hudaibiyah) akan berkata kepadamu, “Kami telah disibukkan oleh harta dan keluarga kami, maka mohonkanlah ampunan untuk kami.” Mereka mengucapkan sesuatu dengan mulutnya apa yang tidak ada dalam hatinya. Katakanlah, “Maka siapakah yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki bencana terhadap kamu atau jika Dia menghendaki keuntungan bagimu? Sungguh, Allah Mahateliti dengan apa yang kamu kerjakan.”

(QS. Al-Fath ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement