Senin 29 Nov 2021 22:47 WIB

Sekolah di Pekanbaru tak Ditutup Meski Ada Klaster Sekolah

Pekanbaru masih melanjutkan akvitas sekolah meski ada klaster covid-19

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Pekanbaru masih melanjutkan akvitas sekolah meski ada klaster covid-19. Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Pekanbaru masih melanjutkan akvitas sekolah meski ada klaster covid-19. Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU— Tidak semua sekolah di Kota Pekanbaru ditutup lantaran kemunculan klaster penularan Covid-19 di SMP dan SMA Abdurrab Islamic Center Pekanbaru. 

Pemprov Riau, menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, menuruti aturan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama 4 menteri di mana bila ada kemunculan klaster di sekolah, yang ditutup sementara hanya sekolah bersangkutan. "Sesuai aturan SKB 4 menteri, tidak semua sekolah atau pendidikan tatap muka ditutup. Cukup sekolah yang ada kasus saja," kata Zul, kepada Republika.co.id, Senin (29/11). 

Baca Juga

Zul mengingatkan seluruh sekolah di Provinsi Riau supaya tetap disiplin terhadap protokol kesehatan. Karena pandemi covid-19 belum selesai. 

Selain itu, Pemprov Riau menurut dia masih terus menggencarkan vaksinasi supaya kekebalan tubuh masyarakat meningkat.  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengonfirmasi ada 113 orang di SMP dan SMA Abdurrab Islamic Center Pekanbaru positif terpapar covid-19. 

Mimi menyebut pihaknya telah melakukan tes swab PCR secara massal pada Kamis (25/11) lalu terhadap 340 orang yang kontak erat dengan 3 orang siswa Abdurrab Islamic Center. Hasilnya dinyatakan 113 orang positif dan 225 orang negatif. 

"Dari total 340 kontak erat di SMP dan SMA Abdurrab Islamic Center, 113 orang positif covid," kata Mimi, Senin (29/11). 

Mimi menyebut saat ini ratusan siswa dan guru yang terpapar dari klaster Abdurrab Islamic Center Pekanbaru ini sudah diisolasi secara terpadu di Asrama Haji. 

Klaster SMP dan SMA Abdurrab Islamic Center ini terdeteksi sejak diketahui ada 3 orang siswa yang mengeluh demam. Setelah dilakukan tes swab PCR, ketiganya dinyatakan positif covid-19.

Pihak Dinkes berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan agar menutup sementara aktivitas di sekolah.

Aktivitas di sekolah Abdurrab Islamic Center Pekanbaru sudah dihentikan sementara sejak Jumat (26/11) kemarin. Penutupan sekolah ini dilakukan sampai 14 hari ke depan.  

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْتَفْتُوْنَكَ فِى النِّسَاۤءِۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِيْهِنَّ ۙوَمَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ فِى الْكِتٰبِ فِيْ يَتٰمَى النِّسَاۤءِ الّٰتِيْ لَا تُؤْتُوْنَهُنَّ مَا كُتِبَ لَهُنَّ وَتَرْغَبُوْنَ اَنْ تَنْكِحُوْهُنَّ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْوِلْدَانِۙ وَاَنْ تَقُوْمُوْا لِلْيَتٰمٰى بِالْقِسْطِ ۗوَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِهٖ عَلِيْمًا
Dan mereka meminta fatwa kepadamu tentang perempuan. Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang mereka, dan apa yang dibacakan kepadamu dalam Al-Qur'an (juga memfatwakan) tentang para perempuan yatim yang tidak kamu berikan sesuatu (maskawin) yang ditetapkan untuk mereka, sedang kamu ingin menikahi mereka dan (tentang) anak-anak yang masih dipandang lemah. Dan (Allah menyuruh kamu) agar mengurus anak-anak yatim secara adil. Dan kebajikan apa pun yang kamu kerjakan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui.”

(QS. An-Nisa' ayat 127)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement