Rabu 01 Dec 2021 14:11 WIB

KoinWorks-Bank Sahabat Berkolaborasi Luncurkan Neobank

KoinWorks NEO jadi layanan neobank khusus untuk yang pertama di Indonesia

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 KoinWorks berkolaborasi dengan Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) resmi meluncurkan KoinWorks NEO, layanan neobank khusus untuk UKM yang pertama di Indonesia. Produk inovasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UKM dalam memperoleh layanan perbankan secara digital.
Foto: Koinworks
KoinWorks berkolaborasi dengan Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) resmi meluncurkan KoinWorks NEO, layanan neobank khusus untuk UKM yang pertama di Indonesia. Produk inovasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UKM dalam memperoleh layanan perbankan secara digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KoinWorks berkolaborasi dengan Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) resmi meluncurkan KoinWorks NEO, layanan neobank khusus untuk UKM yang pertama di Indonesia. Produk inovasi ini bertujuan untuk membantu para pelaku UKM dalam memperoleh layanan perbankan secara digital. 

Pertumbuhan UKM di Indonesia terbilang cukup tinggi. Namun, dari 60 juta UKM di tahun 2021, hanya ada 2 dari setiap 100 UKM yang mendapat pinjaman untuk modal usaha. Sebagian besar dari UKM tidak bisa mendapatkan akses keuangan yang baik. 

Mayoritas UKM juga tidak dapat membuka rekening bank atas nama usaha, dan akhirnya membuka rekening atas nama pribadi yang digunakan untuk semua keperluan pribadi dan usaha. Karenanya, UKM kesulitan untuk mengatur keuangan usaha. Adanya tantangan kebutuhan inilah yang menjadi latar belakang kolaborasi KoinWorks dengan Bank Sampoerna.

“Setelah melalui proses perancangan yang cukup panjang dan serangkaian uji coba, dengan penuh optimis kami memperkenalkan KoinWorks NEO. Inovasi layanan neobank untuk UKM ini merupakan buah kerja sama dengan Bank Sampoerna untuk memenuhi kebutuhan para UKM dalam satu aplikasi di KoinWorks,” ujar Benedicto Haryono, CEO dan co-founder KoinWorks. 

Bank Sampoerna dan KoinWorks memiliki misi memberikan akses inklusi keuangan, pemberdayaan UKM dan pemerataan ekonomi di Indonesia. Bank Sampoerna memandang kolaborasi ini sebagai langkah strategis untuk mendukung UKM di era perbankan digital. 

“Kolaborasi dan transformasi digital mutlak diperlukan untuk layanan ke UKM yang efektif dan efisien. Kami bangga dapat bekerja sama dengan KoinWorks memanfaatkan open banking solution untuk memberikan layanan neobank bagi UKM di era digital ini. Inovasi ini merupakan one stop banking solution bagi UKM,” ungkap Henky Suryaputra, Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna.

Keamanan data menjadi hal yang penting di era digital saat ini karena pencurian data dan juga peretasan mudah terjadi. ISO 27001 yang KoinWorks peroleh memberikan keyakinan bahwa teknologi yang dipakai sesuai dengan standar keamanan yang telah diakui. 

Melalui kolaborasi ini, KoinWorks dan Bank Sampoerna berharap ke depannya layanan dan fitur yang hadir di KoinWorks NEO ini akan benar-benar menjawab kebutuhan-kebutuhan UKM. Dengan demikian, misi untuk akselerasi finansial di seluruh Indonesia bisa segera tercapai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement