Rabu 01 Dec 2021 15:27 WIB

Pangdam: Bendera Bintang Kejora Hanya Berkibar di Markas KKB

Pangdam Cenderawasih mengatakan bendera Bintang Kejora hanya berkibar di markas KKB.

Red: Bayu Hermawan
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono (tengah)
Foto: ANTARA/Indrayadi TH/wpa/aww.
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, mengatakan pengibaran bendera Bintang Kejora saat ini ada di markas kelompok sipil bersenjata (KSB) yang ada di Kampung Bulapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

"Pengibaran hanya dilakukan di markas KSB di Bulapa dan di wilayah lainnya hingga kini belum ada laporan," kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yogo di Jayapura, Rabu (1/12).

Baca Juga

Pangdam mengatakan, pengibaran bendera tersebut sering dilakukan di wilayah itu namun karena lokasi tersebut merupakan markas KSB, maka pihaknya tidak mengambil tindakan tertentu. "Prajurit tidak mengambil tindakan karena itu memang markas KSB," kata Mayjen TNI Yogo.

Pangdam menambahkan, secara keseluruhan wilayah Papua dalam kondisi aman. "Untuk wilayah lainnya di Papua hingga kini belum ada laporan," katanya menegaskan.

Sementara itu sebelumnya dikabarkan adanya pengibaran Bendera Bintang Kejora GOR Cenderawasih, Jayapura Papua. Dirkrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani membenarkan adanya laporan bendera OPM itu berkibar di GOR Cenderawasih dan kini para pelaku sudah diamankan.

Tanggal 1 Desember diperingati sebagai hut OPM (organisasi Papua Merdeka) merupakan organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari NKRI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement