Jumat 03 Dec 2021 05:05 WIB

PGI Imbau Umat Rayakan Natal dengan Aman

PGI mendorong warga menjadi teladan bagi masyarakat luas dalam penerapan prokes

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Ibadah Malam Natal (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ibadah Malam Natal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengeluarkan imbauan untuk gereja-gereja dalam perayaan Adven dan Natal 2021. Imbauan tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum PGI Pendeta Gomar Gultom dan Sekretaris Umum PGI Pendeta Jacklevyn F Manuputty pada 19 November 2021.

Dalam imbauan tersebut, Pendeta Gomar mendorong warga untuk memprioritaskan penyelenggaraan ibadah dan perayaan Adven, Natal dan Tahun Baru yang aman dan memerhatikan kebijakan-kebijakan yang diberlakukan pemerintah dalam upaya mengakhiri pandemi Covid-19. Terkait hal tersebut, pengumpulan umat secara ragawi dan perayaan di rumah-rumah dalam bentuk open house sebaiknya dihindari.

"Memberi pemahaman kepada keluarga-keluarga Kristen, bahwa sentrum perayaan Natal sepatutnya ditempatkan pada persekutuan keluarga," kata Pendeta Gomar dalam imbauan resmi PGI yang diterima Republika, Kamis (2/12).

Ia menyampaikan, PGI mendorong warga senantiasa menjadi teladan bagi masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Ia menambahkan, PGI mengimbau bersama warga, meningkatkan empati dan solidaritas terhadap para korban bencana alam dan warga masyarakat yang menderita akibat persoalan kemiskinan, diskriminasi dan ketidakadilan.

"Berkat yang kita terima dari Tuhan, dan sebagai ungkapan syukur atas masa Adven, Natal dan tahun baru nanti, adalah baik untuk dibagikan kepada mereka yang sangat membutuhkan perhatian dan bantuan kita dalam rangka mengurangi beban dan penderitaannya," ujar Pendeta Gomar.

PGI juga sangat mengapresiasi peran nyata gereja-gereja selama ini dalam upaya bersama memutus mata rantai penularan Covid-19. PGI mengapresiasi gereja-gereja yang bahu-membahu menolong anak-anak bangsa yang terdampak berat pandemi dan bencana alam yang terjadi berulang kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement