Jumat 03 Dec 2021 10:07 WIB

Bukti Striker Muslim Ini Pesepak Bola Terbaik di Dunia

Saat ini, Mohamed Salah dinilai lebih baik dibandingkan Ronaldo dan Lionel Messi.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Striker Liverpool,  Mohamed Salah.
Foto: EPA-EFE/Peter Powel
Striker Liverpool, Mohamed Salah.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Kemenangan 4-1 Liverpool atas Everton di derby Merseyside terbaru pekan ini semakin menegaskan bahwa the Reds masih lebih layak merajai Kota Liverpool. Terlebih lagi, pertandingan itu menjadi panggung tersendiri bagi striker Liverpool, Mohamed Salah, yang menjadi bintang lapangan lewat dua gol ke gawang the Toffees.

Brace pemain berpaspor Mesir itu membuat dirinya berada di puncak tertinggi top skorer Liga Primer Inggris. Mo Salah menjadi pemain pertama the Reds yang mencetak dua gol tandang kontra Everton setelah Fernando Torres pada 2008 lalu. Saat ini, dirinya tercatat sudah mencetak 13 gol di Liga Primer Inggris dan memimpin klasemen top skorer.

Baca Juga

Sepekan lalu, Mo Salah baru saja mencatatkan prestasi sebagai pemain ketiga tercepat yang mencetak 150 gol di Liga Primer Inggris. Mantan penggawa Chelsea itu membukukan 150 gol dari 171 pertandingan. Pemain tercepat yang pernah menyentuh angka serupa adalah Alan Shearer dengan 150 gol dari 148 laga.

Hingga ke pekan ke-14, Mo Salah sudah mencetak 13 gol. Ia pun menjadi pemain paling subur di Liverpool dengan catatan 19 gol di semua kompetisi meski musim 2021/2022 belum bergulir separuh jalan.

Tak hanya dalam urusan gol, Mo Salah pun menjadi pemain yang paling berpengaruh di klubnya saat ini. Pesepak bola Muslim ini ternyata juga menjadi pencatat assist terbanyak, delapan kali, di Liga Primer Inggris.

Gemilangnya Mo Salah membuat Liverpool kini menjadi salah satu kandidat juara Liga Primer Inggris. Meski berada di peringkat ketiga, the Reds hanya berselisih dua poin dari pemuncak klasemen, Chelsea, dan terpaut satu poin dari Manchester City di posisi runner-up.

photo
Pemain Liverpool Mohamed Salah memberi isyarat setelah kehilangan peluang selama pertandingan sepak bola Liga Primeer Inggris antara Everton dan Liverpool di Goodison Park di Liverpool, Inggris, Rabu, 1 Desember 2021. - (AP/Jon Super)

Sayangnya, pemain berusia 29 tahun itu hanya berada di peringkat ketujuh dalam jajaran kandidat peraih gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) edisi 2021. Padahal dengan catatan individu yang ada, dirinya dianggap layak mendapat peringkat yang jauh lebih tinggi dibandingkan posisinya saat ini.

"Saya tidak yakin dengan peringkat (Ballon d'Or) itu. Mo Salah seharusnya mendapat peringkat lebih tinggi. Saya terkejut melihat dirinya hanya berada di sana. Siapa yang memilihnya? Jurnalis, bukan?" kata pelatih Liverpool Juergen Klopp seperti dilansir BBC Sport, Jumat (3/12).

Mantan bek kiri Chelsea dan West Ham United, Scott Minto, juga berpendapat Mo Salah layak menyandang status pemain terbaik di dunia saat ini. Menurutnya, performa individu eks penggawa AS Roma itu berada pada level di atas rata-rata.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement