Ahad 05 Dec 2021 08:45 WIB

Makna Bismillah

Kaum muslimin kerap membaca Bismillah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Makna Bismillah. Foto:  Kaligrafi Bismillah
Foto: azharkomputer.com
Makna Bismillah. Foto: Kaligrafi Bismillah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kaum muslimin kerap membaca Bismillah dalam memulai sesuatu perbuatan serta dan memulai surah dalam Alquran. Apa makna dari kata Bismillah ini?

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, Lafazh basmalah (اَلْبَسْمَلَةُ) merupakan mashdar (asal kata) dari fi'il: بَسْمَلَ-يُبَسْمِلُ yakni: mengucapkan (بِسْمِ اللّهِ) atau (بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ).

Baca Juga

Makna basmalah: (بدأت بعون الله وتوفيقه الرحمن الرحيم)  "Aku memulai perbuatan dengan meminta pertolongan dan taufik Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang". (Dirasatu Ilm it Tajwid)

Lafazh basmalah seperti yang tercantum pada surah An-Naml ayat 30. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِ

"Sesungguhnya (surah) itu dari Sulaiman yang isinya: 'Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang'." (QS. An-Naml ayat 30) 

Sebagaimana lafazh itu tercantum dalam hadits Nabi ﷺ dari Anas bin Malik berikut: "Pada suatu hari Rasulullah berada di tengah-tengah kami, lalu tiba-tiba beliau pingsan. Tidak lama kemudian beliau sadar dan mengangkat kepala sambil tersenyum. Kami bertanya: 'Apa yang membuat engkau tersenyum, wahai Rasulullah?' Beliau menjawab: 

انزلت علي آنفا سورة، فقرأ: بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

'Tadi telah diturunkan kepadaku sebuah surah,' lantas beliau membaca: Bismillahirrahmanirrahim. 'Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Rabbmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)' (QS. Al-Kautsar ayat 1-3)'" (HR. Muslim).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement