Senin 06 Dec 2021 06:38 WIB

Sri Mulyani Minta Dana Desa Disiagakan untuk Bencana

Bencana alam berpotensi meningkat jelang akhir dan awal tahun.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A/rwa.
Menteri Keuangan Sri Mulyani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar bersiaga untuk memberikan dukungan APBN dan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) dalam menghadapi bencana alam. Hal ini merespon terjadinya erupsi Gunung Semeru, di Malang, Jawa Timur.

"Saya meminta jajaran Kemenkeu bersiaga, ini berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun," ujarnya dikutip dari laman instagram @smindrawati, Senin (6/12).

Baca Juga

Tak hanya itu, bendahara negara juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia berdoa keselamatan warga sekitar pegunungan Semeru.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) mengalami erupsi yang disertai panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal hingga dua kecamatan terpantau gelap gulita di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12) sore. 

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan aktivitas vulkanologi Gunung Semeru terjadi pada 15.00 WIB

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَكَتَبْنَا عَلَيْهِمْ فِيْهَآ اَنَّ النَّفْسَ بِالنَّفْسِ وَالْعَيْنَ بِالْعَيْنِ وَالْاَنْفَ بِالْاَنْفِ وَالْاُذُنَ بِالْاُذُنِ وَالسِّنَّ بِالسِّنِّۙ وَالْجُرُوْحَ قِصَاصٌۗ فَمَنْ تَصَدَّقَ بِهٖ فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّهٗ ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ
Kami telah menetapkan bagi mereka di dalamnya (Taurat) bahwa nyawa (dibalas) dengan nyawa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada qisas-nya (balasan yang sama). Barangsiapa melepaskan (hak qisas)nya, maka itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang zalim.

(QS. Al-Ma'idah ayat 45)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement