Senin 06 Dec 2021 09:24 WIB

Resmi Go Public, Cimory Raih Dana Segar Rp 3,66 Triliun

Jumlah saham yang dilepas Cimory melalui IPO sebesar 1.190.203.000 saham.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Aneka produk susu segar Cimory
Aneka produk susu segar Cimory

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. atau Cimory resmi mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode CMRY pada Senin, (6/12). Jumlah saham yang dilepas melalui penawaran perdana sebesar 1.190.203.000 saham yang mewakili 15 persen dari modal disetor dan ditempatkan perseroan setelah IPO.

Dengan harga penawaran yang ditawarkan pada penawaran umum perdana saham Rp3.080 setiap saham, perseroan telah menghimpun dana sebesar Rp3,66 triliun.

Baca Juga

Pendiri dan Presiden Komisaris CMRY Bambang Sutantio mengatakan kegiatan ini menjadi momentum yang bersejarah bagi perusahaan. Perusahaan terus menguatkan misinya untuk menjadi pemimpin di bidang industri olahan susu dan makanan konsumen, dengan menyediakan produk olahan susu dan konsumen makanan premium yang kuat di era perdaganagan modern.

"IPO ini menjadi momen bersejarah bagi perusahaan kami, di mana kami bertransformasi dari sebuah perusahaan keluarga menjadi sebuah perusahaan terbuka yang memiliki komitmen kuat terhadap Tatakelola Perusahaan yang baik serta fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan," katanya, dalam acara pencatatan saham perdana di BEI, Senin (6/12).

Presiden Direktur / Grup CEO CMRY Farell Sutantio mengatakan momentum pandemi juga telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi. Menurutnya, Cimory akan selalu fokus pada inovasi produk dan menciptakan pasar baru di kategori pangan berbasis protein. 

Perseroan juga akan terus meningkatkan distribusi dengan investasi di cold chain logistics, serta menambah program kemitraan melalui program Miss Cimory. "Saat ini kami telah bermitra dengan 

lebih dari 3,600 Ibu-Ibu di seluruh Indonesia melalui program Miss Cimory ini, yang memiliki tujuan 

utama untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru," ujarnya. 

Sebagai informasi, sekitar 33 persen hasil dana IPO akan digunakan untuk belanja modal terkait dengan penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi dalam bentuk: properti, pabrik dan peralatan. Selanjutnya, sekitar 25 persen untuk penyetoran modal kepada Entitas Anak yaitu PT Macroprima Panganutama (MP), yang akan digunakan untuk penambahan kapasitas untuk fasilitas produksi, serta untuk modal kerja.

Adapun sekitar 20 persen untuk penyetoran modal kepada Entitas Anak PT Macrosentra Niagaboga (MN), perusahaan yang bergerak di bidang agen dan distributor. Dana tersebut utamanya akan digunakan untuk belanja modal yang berkaitan dengan rencana ekspansi pusat distribusi, serta untuk modal kerja.

Sekitar 15 persen akan digunakan untuk belanja modal yang berkaitan dengan ekspansi saluran distribusi dalam bentuk penambahan jumlah toko dan sarana pendukung terkait peningkatan jumlah Miss Cimory yang meliputi pelatihan dan pengembangan. Terakhir, sekitar 7 persen akan digunakan untuk modal kerja Perseroan untuk pembiayaan kebutuhan operasional sehari hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement