Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

Mengenal Jenis Jenis Forklift Beserta Fungsinya

Info Terkini | Monday, 06 Dec 2021, 07:03 WIB

Forklift memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, serta memiliki tujuan yang berbeda juga. Sementara itu, kebanyakan orang mengetahui fungsi forklift yaitu untuk mempermudah pekerjaan bidang material. Namun kenyataannya, ada banyak jenis yang berbeda dari ini.

Melansir Ashe Forklift, berikut adalah tujuh jenis forklift yang berbeda dan fungsinya.

Mengenal Jenis Forklift

Seiring berjalannya waktu, forklift cenderung memiliki spesialisasi dari setiap jenisnya. Saat ini ada berbagai jenis, masing-masing mencoba untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna.

1. Warehouse Forklift

Forklift Warehouse (gudang) adalah jenis yang paling dikenal dari forklift. Forklift ini menyerupai mobil golf kuning dengan garpu kembar memanjang ke depan.

Anda akan paling sering menggunakan forklift ini di tempat yang memiliki jumlah item besar dalam inventaris. Truk-truk ini sangat bagus untuk memuat dan menurunkan pallet dan material yang seimbang, serta memindahkan dan mengangkut barang dari kendaraan pengiriman.

2. Side Loader Forklift

Side Loader Forklift adalah subtipe dari warehouse forklift. Side loader biasanya ditemukan di pusat layanan baja dengan barang-barang berat dan besar.

Nantinya, operator akan berdiri di kompartemen samping dan pemuat samping menurunkan barang di sisinya. Karena pengoperasiannya yang menyamping, forklift ini dapat dengan mudah dikendarai di samping rak untuk menaruh dan mengambil muatan tanpa harus berputar.

3. Counterbalance Forklift

Counterbalance Forklift (penyeimbang) adalah lift populer yang memiliki garpu di depan dan beban di belakang kendaraan untuk mengimbangi berat beban.

Counterbalance Forklift ini tidak memiliki lengan yang memanjang, sehingga memungkinkan mereka untuk bergerak langsung ke beban.

Ada beberapa jenis Counterbalance Forklift, yaitu seperti varian 3 roda sangat ideal untuk situasi yang mengharuskan operator berbelok dan bermanuver dalam lingkaran. Stand-up memungkinkan operator untuk naik dan turun dengan mudah di antara muatan.

4. Telehandler Forklift

Telehandler Forklift juga dikenal sebagai forklift teleskopik, telehandler memiliki boom dan lengan yang dapat diperpanjang, membuat kombinasi derek dan forklift.

Garpu kembar yang terpasang pada lengan ini digunakan untuk memindahkan pallet dari tanah. Telehandler standar mampu mengangkat 5.500 lbs material dari ketinggian 5 meter.

5. Industrial Forklift

Industrial Forklift merupakan gabungan dari Warehouse dan Telehandler Forklift.

Meskipun tidak dapat mencapai sudut yang sulit dijangkau seperti yang dapat dilakukan oleh telehandler, forklift ini mampu mengangkat muatan jauh lebih tinggi dan beban yang lebih berat daripada Warehouse Forklift.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image