Senin 06 Dec 2021 14:52 WIB

Sambut Piala AFF 2020, Ayo Buktikan Garuda!

Sejak pertama kali Piala AFF digelar pada 1996 silam, Indonesia belum pernah juara.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala AFF 2020 akan menjadi ajang pembuktian bagi timnas sepak bola Indonesia bahwa skuad Garuda bisa mengangkat derajat sepak bola Indonesia di mata dunia. Hingga kini, kejayaan sepak bola Indonesia masih hanya sebatas angan. Tapi, itu tetap layak untuk diimpikan.

Sejak pertama kali kejuaraan Piala AFF digelar pada 1996 silam, Indonesia belum pernah sekali pun menorehkan tinta emas. Tim Merah Putih yang terus berganti dari generasi ke generasi beberapa kali mentok di posisi runner-up. Terakhir kali timnas Indonesia merasakan manisnya gelar juara di level Asia Tenggara adalah pada SEA Games 1991.

Baca Juga

Sudah 30 tahun berlalu, tapi timnas Indonesia masih membiarkan lemari pialanya kosong dan berdebu. Piala AFF 2020 yang akan digelar di Singapura mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 ini seharusnya menjadi momen bagi skuad Garuda untuk mengakhiri puasa gelar tiga dekade demi memuaskan dahaga seluruh masyarakat Indonesia.

Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Dapat dipahami bahwa persaingan di Grup B tidaklah mudah. Tapi, di bawah penanganan pelatih Shin Tae-yong, Egy Maulana Vikri dkk punya kans untuk terus melaju hingga ke final dan keluar sebagai juara. Kenapa demikian?

Satu alasan yang pasti adalah karena skuad Garuda sudah melakukan persiapan lebih panjang dari biasanya. Sejak ditunjuk menjadi pelatih pada Desember 2019, Shin gencar melakukan pemusatan latihan (TC) untuk timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu mulai mengerti kekuatan dan kelemahan penggawa Indonesia.

Menjelang kejuaraan Piala AFF 2020, Shin sudah menangani banyak pertandingan bersama skuad Garuda. Perlahan tapi pasti, tim asuhannya mulai menunjukkan kemajuan. Pada TC terakhir di Turki sejak 12 November 2021, Evan Dimas dkk berhasil memenangkan dua dari tiga laga uji coba dengan kemenangan besar.

Setelah kalah 0-1 dari Afghanistan, Indonesia bangkit dengan kemenangan 4-1 melawan Myanmar dan 4-0 melawan klub Antalyaspor. Laga uji coba itu memang tidak bisa menjadi jaminan bahwa Indonesia bisa menaklukkan semua lawan di Asia Tenggara, tapi setidaknya hal itu dapat meningkatkan rasa percaya diri tim.

Selain itu, Indonesia akan diperkuat oleh enam pemain yang merumput di luar negeri. Mereka adalah Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris), Egy Maulana Vikri (FK Senica, Slovakia), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk, Polandia), Ryuji Utomo (Penang FC, Malaysia), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan), dan Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim, Malaysia).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement