Senin 06 Dec 2021 15:50 WIB

Pemkab Bekasi: Lintas Bawah Cibitung Bisa Atasi Macet

Uji coba lintas bawah Cibitung mampu mengurai kemacetan di sekitar Stasiun Cibitung.

Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah kendaraan melintas di samping pembangunan lintas bawah Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Sejumlah kendaraan melintas di samping pembangunan lintas bawah Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengapresiasi Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang telah bekerja dengan cepat sehingga uji coba operasional lintas bawah Cibitung sudah bisa dilakukan.

"Terima kasih kepada Kementerian Perhubungan atas pembangunan lintas bawah Cibitung ini, semoga bisa segera beroperasi penuh setelah proses uji coba ini," kata Camat Cibitung Encun Sunarto di Bekasi, Senin.

Baca Juga

Dia mengatakan keberadaan jalan lintas bawah ini sangat berarti bagi masyarakat khususnya warga yang tinggal di sekitar wilayahnya serta pengguna jalan pada umumnya.

"Alhamdulillah bisa diuji coba sekarang sehingga bisa mengurai kemacetan, anak yang sekolah tidak terlambat sekolah, yang kerja juga bisa lebih cepat kalau lewat lintas bawah," katanya.

Encun berharap jalan lintas bawah ini segera diresmikan untuk beroperasi secara penuh meski dirinya belum mengetahui pasti kapan lintas bawah Cibitung akan diresmikan.

"Biasa yang namanya uji coba akan ada tahap evaluasi dulu dari pemerintah pusat sebelum diresmikan. Saya harap semoga ruas kiri dan kanannya bisa cepat selesai sehingga bisa dilewati secara permanen oleh masyarakat," ucapnya.

Diketahui lintas bawah Cibitung sudah mulai diuji coba dilewati pengguna jalan meski baru satu ruas jalannya saja. Kendaraan dari arah Pasar Induk Cibitung dan sebaliknya diperbolehkan melintasi jalur tersebut.

Pantauan di lapangan, uji coba ruas jalan ini mampu mengurai kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi. Khususnya di sekitar area perlintasan sebidang Stasiun Cibitung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement