Senin 06 Dec 2021 16:39 WIB

PKT Konsisten Tingkatkan Teknologi Industri Berkelanjutan

Inovasi secara tidak langsung berdampak pada oenurunan emisi gss rumah kaca.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) konsisten mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan, serta mengembangkan daya saing industri melalui pengembangan riset dan teknologi bernilai tinggi.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) konsisten mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan, serta mengembangkan daya saing industri melalui pengembangan riset dan teknologi bernilai tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) konsisten mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan, serta mengembangkan daya saing industri melalui pengembangan riset dan teknologi bernilai tinggi. Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman mengatakan konsistensi ini merupakan bagian dari komitmen PKT dalam mendukung program pemerintah, terutama proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan dalam mendorong kemandirian serta daya saing melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan perekayasaan teknologi industri yang bernilai tinggi. 

Qomaruzzaman menyampaikan PKT juga berhasil melakukan inovasi dalam menciptakan teknologi Low Pressure Ammonia Absorber di Pabrik Urea PKT-4 sehingga mampu meningkatkan efisiensi energi dan meminimalkan emisi gas amoniak. 

Baca Juga

"Melalui inovasi ini, amoniak yang terserap akan di-recycle ke unit sintesa sehingga terjadi peningkatan produksi Urea hingga 14 ton per hari dan penurunan Ammonia Losses tujuh ton per hari," ujar Qomaruzzaman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (6/12).

Selain berdampak pada efisiensi energi, lanjut Qomaruzzaman, inovasi ini secara tidak langsung juga berdampak pada penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta penghematan gas alam untuk memproduksi amoniak. 

Qomaruzzaman menyebut inovasi ini sebagai langkah PKT mengimplementasikan prinsip industri hijau secara signifikan dan berkesinambungan, yang mencakup efisiensi energi, efisiensi pemakaian bahan baku dan bahan penolong hingga efisiensi pemakaian air. 

"PKT juga menerapkan inovasi teknologi yang mengacu pada 4R (Reduce, Reuse, Recycle dan Recovery) pada proses produksi, dibarengi penggunaan energi baru terbarukan serta pemenuhan baku mutu lingkungan pada limbah cair maupun emisi," kata Qomaruzzaman. 

Qomaruzzaman mengatakan pengembangan inovasi menjadi salah satu upaya PKT untuk meningkatkan efisiensi sekaligus daya saing perusahaan di kancah nasional maupun global, serta mendorong efektivitas pabrik dan perangkat pendukung lainnya, yang diciptakan secara mandiri. 

Menurut Qomaruzzaman, seluruh inovasi yang digagas PKT sejauh ini terbukti mampu menekan biaya operasional, sekaligus menyelamatkan perusahaan dari berbagai potensi risiko kerugian. 

"Nilai efisiensi perusahaan mampu tercapai dari setiap inovasi yang digagas, mulai efektivitas proses produksi, peningkatan performa perangkat pabrik, hingga jasa pelayanan dan perbaikan. Jika dirupiahkan, seluruh tools tersebut menghasilkan penghematan hingga miliaran rupiah," tambah Qomaruzzaman. 

Inovasi teknologi Low Pressure Ammonia Absorber di Pabrik Urea PKT-4 juga mengantarkan PKT meraoh penghargaan Rintisan Teknologi Industri (Rintek) 2021 dari Kementerian Perindustrian. 

"Penghargaan ini menjadi dorongan bagi PKT untuk terus melakukan upaya terbaik dalam aktivitas bisnis perusahaan, mulai penerapan industri hijau secara berkelanjutan, hingga pengembangan teknologi berbasis Industri 4.0," ungkap Qomaruzzaman. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan penghargaan ini sebagai apresiasi bagi pelaku industri yang konsisten menciptakan dan memanfaatkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Langkah ini sebagai bagian dari upaya Kemenperin mendorong industri nasional melakukan penciptaan teknologi baru, agar mampu menjadi tuan di negeri sendiri dan kompetitif hingga kancah internasional. 

"Rintisan teknologi industri merupakan salah satu wujud nyata implementasi program prioritas pada peta jalan Making Indonesia 4.0, untuk menjadikan Indonesia masuk dalam jajaran 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2030," kata Agus. 

Agus menyampaikan pemerintah secara proaktif terus memacu pengembangan industri nasional agar lebih berdaya saing melalui berbagai instrumen, baik berupa kebijakan maupun pemberian fasilitas fiskal maupun nonfiskal. Apalagi sektor industri manufaktur selama ini konsisten memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. 

"Maka untuk mencapai target 10 negara perekonomian terbesar di dunia, diperlukan terobosan bidang industri dengan memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir, karena tidak cukup hanya mengandalkan pertumbuhan ekonomi secara organik," kata Agus. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement