Senin 06 Dec 2021 17:52 WIB

Film YUNI Tayang di Bioskop Mulai 9 Desember

Film YUNI akhirnya tayang di bioskop Indonesia setelah menang di sejumlah festival.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Pemain dan kru film YUNI dalam acara media screening and press conference di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Senin (6/12).
Foto: Republika/Umi Nur Fadilah
Pemain dan kru film YUNI dalam acara media screening and press conference di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Senin (6/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Film YUNI tayang di bioskop Tanah Air mulai 9 Desember 2021. Sebagai sutradara dan penulis naskah, Kamila Andini senang sekali bisa menayangkan film yang memang dibuat untuk bioskop, setelah apa yang terjadi selama pandemi dan setelah film ini ditayangkan di negara lain.

"Film ini saya buat untuk Indonesia, dan tidak ada hal yang lebih membahagiakan daripada merayakannya di Indonesia," ujar Dini, sapaan akrab Kamila Andini.

Baca Juga

Cerita YUNI, menurut Dini, dimulai dari sebuah percakapan sederhana dengan seorang ibu. Cerita ini telah berkembang menjadi cerita yang membebaskan diri.

"Semoga cerita ini bisa menjadi refleksi kita semua," kata dia.

YUNI berkisah tentang seorang gadis remaja cerdas bernama sama dengan impian besar untuk kuliah. Ketika dua pria yang hampir tidak dikenalnya datang melamar, Yuni menolak lamaran mereka.

Penolakan itu memicu gosip tentang mitos bahwa seorang perempuan yang menolak tiga lamaran tidak akan pernah menikah. Tekanan semakin meningkat ketika pria ketiga melamarnya. Yuni pun harus memilih antara mempercayai mitos atau mengejar impiannya.

YUNI ditulis oleh Dini bersama Prima Rusdi. Film tersebut diproduseri oleh Ifa Isfansyah dan Chand Parwez Servia dan diproduksi oleh Fourcolours Films dan Starvision bekerja sama dengan Akanga Film Asia (Singapura), Manny Films (Perancis).

YUNI mendapat dukungan pendanaan dari Aide Aux Cinémas Du Monde CNC Perancis, Infocomm Media Development Authority Singapura, Visions Sud Est Swiss, dan Program Pendukungan Film Indonesia untuk Distribusi Internasional Direktorat PMMB Kemendikbud Ristek Republik Indonesia. Fil tersebut juga didukung MPA APSA Academy Film Fund Australia dan Purin Pictures Thailand.

YUNI telah diputar di berbagai festival film internasional dan mendapatkan nominasi, termasuk 14 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2021 dan nominasi Achievement in Directing di Asia Pacific Screen Awards.

Selain itu, YUNI telah memenangkan beberapa penghargaan, antara lain Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021, Snow Leopard untuk Aktris Terbaik di Asian World Film Festival 2021, Piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, dan Silver Hanoman di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement