Alasan CEO Asal India Mampu Puncaki Silicon Valley

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi

Salah satu sudut di kawasan Silicon Valley, AS
Salah satu sudut di kawasan Silicon Valley, AS | Foto: VOA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Parag Agrawal, yang pada pekan lalu ditunjuk sebagai CEO Twitter, telah bergabung dengan setidaknya belasan teknisi kelahiran India lainnya di perusahaan Silicon Valley yang paling berpengaruh di dunia.

Satya Nadella dari Microsoft, Sundar Pichai dari Alphabet, dan para petinggi IBM, Adobe, Palo Alto Networks, VMWare, dan Vimeo semuanya keturunan India.

Penduduk asli India hanya sekitar 1 persen dari populasi AS dan 6 persen dari tenaga kerja Silicon Valley, namun secara tidak proporsional mereka terwakili di petinggi. Mengapa?

Berikut beberapa alasan mengapa orang India bisa menduduki posisi teratas di Silicon Valley, dilansir di BBC, Senin (6/12):

1. Berhasil Bersaing di India yang Keras

"Tidak ada negara lain di dunia yang 'melatih' begitu banyak warganya dengan cara gladiator seperti India," kata R Gopalakrishnan, mantan direktur eksekutif Tata Sons dan salah satu penulis The Made in India Manager.

"Dari akta kelahiran hingga akta kematian, dari penerimaan sekolah hingga mendapatkan pekerjaan, dari ketidakcukupan infrastruktur hingga kapasitas yang tidak memadai, tumbuh di India melengkapi orang India untuk menjadi 'manajer alami'," tambahnya, mengutip ahli strategi perusahaan India terkenal C K Prahalad.

Persaingan dan kekacauan, dengan kata lain, membuat mereka menjadi pemecah masalah yang dapat beradaptasi. Ia menambahkan, terdapat fakta bahwa mereka sering memprioritaskan profesional daripada bantuan pribadi dalam budaya kantor Amerika yang terlalu banyak bekerja.

"Ini adalah karakteristik pemimpin puncak di mana pun di dunia," kata Gopalakrishnan.

Para CEO Silicon Valley kelahiran India juga merupakan bagian dari kelompok minoritas berkekuatan empat juta orang yang termasuk yang terkaya dan terdidik di AS.

Sekitar satu juta dari mereka adalah ilmuwan dan insinyur. Lebih dari 70 persen visa H-1B, izin kerja untuk orang asing, yang dikeluarkan oleh AS diberikan kepada insinyur perangkat lunak India, dan 40 persen dari semua insinyur kelahiran asing di kota-kota seperti Seattle berasal dari India.

"Ini adalah hasil dari perubahan drastis dalam kebijakan imigrasi AS pada 1960-an," tulis penulis The Other One Percent: Indian in America.

Setelah gerakan hak-hak sipil, kuota asal nasional digantikan oleh kuota yang mengutamakan keterampilan dan penyatuan keluarga. Segera setelah itu, orang India yang berpendidikan tinggi seperti ilmuwan, insinyur, dan dokter dan kemudian sebagian besar pemrogram perangkat lunak, mulai berdatangan di AS.

Kelompok imigran India ini tidak menyerupai kelompok imigran lain dari negara lain mana pun, kata para penulis. Mereka 'dipilih tiga kali lipat', tidak hanya mereka di antara orang-orang India yang memiliki hak istimewa dari kasta atas yang mampu pergi ke perguruan tinggi yang terkenal, tetapi mereka juga termasuk bagian yang lebih kecil yang dapat membiayai master di AS, yang banyak dari CEO Silicon Valley miliki.

Dan akhirnya, sistem visa semakin mempersempitnya menjadi mereka yang memiliki keterampilan khusus. Sering kali dalam sains, teknologi, teknik dan matematika atau STEM sebagai kategori pilihan yang dikenal, yang memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja kelas atas AS.

"Ini adalah hasil terbaik dan mereka bergabung dengan perusahaan di mana yang terbaik naik ke puncak," kata pengusaha teknologi dan akademisi Vivek Wadhwa.

"Jaringan yang mereka bangun di Silicon Valley juga memberi mereka keuntungan, idenya adalah mereka akan saling membantu," katanya menambahkan.

2. Rendah Hati

Menurut Wadhwa, banyak CEO kelahiran India juga telah menapaki tangga perusahaan dari bawah. Dan ini diyakini memberi mereka rasa kerendahan hati yang membedakan mereka dari banyak CEO pendiri yang telah dituduh arogan dan berhak dalam visi dan manajemen mereka.

Wadhwa mengatakan orang-orang seperti Satya Nadella dan Sundar Pichai juga membawa sejumlah kehati-hatian. Refleksi dan budaya 'lembut' yang membuat mereka calon yang ideal untuk pekerjaan teratas. Ini terutama pada saat reputasi teknologi besar telah anjlok di tengah dengar pendapat Kongres, yang membuat jurang yang melebar antara yang terkaya di Silicon Valley dan seluruh Amerika.

"Kepemimpinan rendah hati, non-abrasif mereka adalah nilai tambah yang besar," kata Saritha Rai, yang meliput industri teknologi di India untuk Bloomberg News.

3. Belajar Kepemimpinan dari Keberagaman India

"Masyarakat India yang beragam, dengan begitu banyak adat dan bahasa, memberi mereka (pemimpin kelahiran India) kemampuan untuk menavigasi situasi yang kompleks, terutama ketika menyangkut penskalaan organisasi," kata pengusaha miliarder India-Amerika dan kapitalis ventura Vinod Khosla, yang ikut -mendirikan Sun Microsystems.

"Ini ditambah etika 'kerja keras' membuat mereka baik-baik saja," katanya.

Ada alasan yang lebih jelas juga. Fakta bahwa begitu banyak orang India dapat berbicara bahasa Inggris memudahkan mereka untuk berintegrasi ke dalam beragam industri teknologi AS. Dan penekanan pendidikan India pada matematika dan sains telah menciptakan industri perangkat lunak yang berkembang, melatih lulusan dalam keterampilan yang tepat, yang selanjutnya ditopang di sekolah teknik atau manajemen top di AS. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Cara Download Video dari Twitter Kualitas HD

Twitter Keliru Tangguhkan Akun Setelah Aturan Baru

Twitter Tutup Ribuan Akun Propaganda China

Twitter Larang Berbagi Foto tanpa Persetujuan

Twitter Larang Bagikan Foto dan Video Pribadi tanpa Izin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark