Selasa 07 Dec 2021 08:06 WIB

Jelang Laga Piala AFF 2020, Indonesia Matangkan Strategi

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong beri materi latihan pematangan taktik dan strategi.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih tim nasional Indonesia Shin tae-yong (tengah) mengamati anak didiknya berlatih belum lama ini.
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pelatih tim nasional Indonesia Shin tae-yong (tengah) mengamati anak didiknya berlatih belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia mematangkan strategi dan taktik sebelum melakoni laga perdana Grup B Piala AFF 2020 melawan Kamboja di Stadion Bishan, Singapura, pada Kamis (9/12). Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengadakan pertandingan internal pada latihan terbaru di Stadion Bukit Gombak, Singapura.

Pada kesempatan ini, skuad Garuda dibagi menjadi dua tim dan seluruh pemain mendapat kesempatan bermain. Shin ingin memanfaatkan pertandingan internal ini untuk melihat sejauh mana pemain dapat memainkan taktik dan strategi yang ia inginkan.

Baca Juga

"Saat ini pemain terus bekerja keras dan berjuang maksimal jelang pertandingan perdana melawan Kamboja. Perkembangan mereka sangat baik. Tentu ini menjadi modal bagus demi raihan hasil terbaik di Piala AFF 2020," kata Shin dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (6/12).

Pada laga internal game ini, Ezra Walian mencetak dua gol, lalu diikuti gol Kushedya Hari Yudo, Hanis Saghara, dan Irfan Jaya.

Striker timnas Indonesia, Kushedya Hari Yudo, mengatakan bahwa saat ini tim dalam kondisi baik dan seluruh pemain sudah siap mengikuti Piala AFF 2020. "Kami memohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar meraih hasil terbaik di ajang ini," kata Kushedya.

Menurut Kushedya, Shin Tae-yong memberikan materi latihan pematangan taktik dan strategi. "Selain itu koordinasi antarlini, transisi, dan harus bisa memanfaatkan peluang sekecil apapun," jelas pemain asal Arema FC tersebut.

Striker timnas Indonesia lainnya, Ezra Walian, mengaku tak sabar melakoni laga perdana Piala AFF 2020 melawan Kamboja. Ezra memastikan skuad Garuda sudah siap untuk membuktikan kemampuan pada laga tersebut. "Kami harus menunjukkan bahwa kami sudah siap," kata Ezra.

Menurut Ezra, penting untuk memperoleh tiga poin di laga perdana. Hal itu, lanjut dia, sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan mentalitas tim. "Laga pertama di sebuah turnamen selalu penting. Saya berharap kami memenangkan laga pertama dan makin berkembang di turnamen ini," ucapnya.

Namun di sisi lain, Ezra menyatakan selain melakukan latihan rutin, penggawa timnas senior saat ini masih berusaha beradaptasi dengan tempat baru. Karena Singapura mempunyai cuaca yang berbeda dengan tempat pemusatan latihan (TC) timnas di Turki.

"Lapangan juga berbeda. Jadi kami harus segera beradaptasi. Walau begitu, kami senang berada di sini," kata pemain asal Persib Bandung tersebut.

Pada ajang Piala AFF 2020, Indonesia berada di Grup B bersama Kamboja, Laos, Vietnam, dan Malaysia. Vietnam dan Malaysia adalah tim yang paling diperhitungkan di grup. Sebelum berhadapan dengan dua tim tersebut, skuad Garuda terus bekerja keras demi membangun mentalitas yang kuat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement