Rabu 08 Dec 2021 16:18 WIB

Sukabumi Gencarkan Gerakan Peduli Disabilitas

Mendorong semua pihak memberikan kepedulian kepada penyandang disabilitas.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sukabumi Gencarkan Gerakan Peduli Disabilitas (ilustrasi).
Foto: ajproducts.co.uk
Sukabumi Gencarkan Gerakan Peduli Disabilitas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi menggencarkan gerakan peduli disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 di SLB-A Budi Nurani, Rabu (8/12). Hal ini dilakukan dengan memberikan dukungan penuh kepada kalangan disabilitas, baik fasilitas sarana dan prasarana, pendidikan, dan lain sebagainya.

Momen peringatan Hari Disabilitas Internasional yang sejatinya setiap 3 Desember ini dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati Fahmi. ''Kami mendorong perhatian penuh kepada penyandang disabilitas,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Baca Juga

Namun, pemkot menyadari masih ada yang belum terfasilitasi maksimal, seperti sarana infrastruktur. Oleh karenanya, kata Fahmi, pemerintah berupaya mempersiapkan sarana tersebut di ruang terbuka publik, misalnya di alun-alun dan kawasan pedestrian. Sebab, negara harus hadir, terutama untuk kalangan disabilitas.

Hal ini, kata Fahmi, bentuk kepedulian dan keberpihakan pada hal-hal berhubungan sosial kemasyarakatan. Di mana saat ini perusahan merekrut kalangan disabilitas dan bahkan salah satu tenaga honorer dari kalangan disabilitas masuk di Dinas Sosial sebagai bentuk dukungan kepada kalangan disablitas. "Untuk dukungan kepada pendidikan, maka potensi kalangan disabilitas dimaksimalkan melalui SLB Budi Nurani,'' kata Fahmi.

Intinya, pada momen Hari Disabilitas Internasional ini diharapkan dapat mendorong terwujudnya kepemimpinan dan partisipasi penyandang disabilitas menuju tatanan dunia yang inklusif, aksesibel, dan berkelanjutan pasca-Covid-19.

Dalam momen ini juga dilakukan pemberian bantuan alat bantu kursi roda, alat bantu dengar, 17 tongkat penuntu adaptif, pemberian atensi yatim piatu korban Covid-19 sebanyak 65 orang, dan bazar. Di mana tujuan peringatan Hari Disabilitas Internasional ini sebagai upaya peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan, dan kesejahteraan disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Punjul Saeful Hayat mengatakan, momen Hari Disabilitas ini untuk memberikan kesadaran kepada warga bahwa penyandang disabilitas tidak harus dibedakan, melainkan mempunyai kesempatan yang sama. Selain itu mendorong semua pihak memberikan kepedulian kepada penyandang disabilitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement