Persiapan Persis Tim Menuju Babak 8 Besar Liga 2

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin

Persiapan Persis Tim Menuju Babak 8 Besar Liga 2 (ilustrasi).
Persiapan Persis Tim Menuju Babak 8 Besar Liga 2 (ilustrasi). | Foto: dok. Persis Solo

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Persis akan mengarungi babak 8 besar kompetisi Liga 2 2021/2022 yang berlangsung pada 15-23 Desember mendatang. Babak 8 besar akan diselenggarakan di Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor dan Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.  

Persis tergabung di Grup X bersama tiga kontestan lain, yakni Sriwijaya FC, Rans Cilegon FC, dan Persiba. Persiapan menuju 8 besar terus dilakukan oleh Laskar Sambernyawa di bawah asuhan Pelatih Kepala Eko Purdjianto.

Menanggapi calon lawan di babak 8 besar, Persis tak mau menganggap remeh lawan dan mewaspadai kekuatan setiap tim. "Kami selalu antisipasi dan menganggap semua lawan berat, terlebih ini sudah babak 8 besar," kata Eko seperti dikutip dari laman resmi klub, Rabu (8/12).

Rencananya, babak 8 besar menggunakan sistem grup dan format single match. Artinya masing-masing tim akan menjalani tiga pertandingan untuk memperebutkan dua posisi teratas yang akan melaju ke babak semi final. 

Baca Juga

Dalam rentang waktu sembilan hari, para kontestan akan menjalani agenda yang cukup padat. Terkait jadwal tersebut, Eko mengaku sudah mengantisipasi. Hal itu juga menjadi keuntungan tersendiri, mengingat Persis memiliki cukup banyak materi pemain yang tersedia dengan komposisi yang cukup lengkap. 

"Kami juga diuntungkan dengan pemain yang cukup banyak di jadwal yang padat. Untuk ke depannya, kami masih punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan tim, termasuk fisik pemain," imbuh Eko.

Kapten tim Persis, Eky Taufik, mengungkapkan tim dalam kondisi bagus dan optimistis menyongsong babak 8 besar nanti. Menurutnya, dukungan dari segenap suporter Persis sangat penting bagi tim untuk meningkatkan moral dan memperkuat mental para penggawa. 

"Dukungan dari suporter Persis semua kami harapkan karena sangat penting untuk mengangkat moral kami di luar dan di dalam lapangan," ucap Eky.

Persis lolos ke babak 8 besar sebagai juara Grup C dengan perolehan total 20 poin. Dari total 10 pertandingan yang telah dijalani, Eky Taufik dan kawan-kawan sukses mengoleksi enam kemenangan. Sementara laga sisanya berakhir dengan dua kali seri dan dua kali menelan kekalahan.

Eky menambahkan, di babak 8 besar nanti, tim akan berusaha menampilkan performa yang lebih baik dari fase sebelumnya. Kehadiran manajer anyar tim, Jacksen F Tiago diharapkan memberi dampak positif untuk skuad Laskar Sambernyawa. 

"Banyak evaluasi dari babak penyisihan kemarin. Kami masih belum bisa stabil untuk meraih kemenangan. Tapi hal itu menjadi evaluasi penting bagi kami untuk babak 8 besar ini lebih baik dari babak penyisihan. Kami juga sudah ada Coach Jacksen yang selalu memberi arahan, berkolaborasi dengan Coach Eko. Semoga menjadi dampak positif untuk tim dan semoga bisa lolos ke babak selanjutnya," pungkas Eky.

Sementara itu, Manajer Persis, Jacksen F Tiago mengutarakan harapannya terhadap skuad Persis dalam mengarungi babak 8 besar nanti. Peningkatan aspek fisik para pemain menjadi perhatian khusus. Hal itu mengingat Persis akan menghadapi jadwal pertandingan yang cukup padat. 

"Harapan saya, dengan jeda waktu dan persiapan yang kami punya, bisa mempersiapkan tim sebaik mungkin, membangun sebuah kerja sama yang jauh lebih baik lagi. Sampai saat ini persiapan semua berjalan lancar. Semoga kami bisa memenuhi harapan dari masyarakat Solo, yaitu kembali ke Liga 1, membawa pertandingan-pertandingan besar kembali ke sini (Solo)," harapnya. 

Skuad Persis akan bertolak ke Bogor pada Sabtu (11/12) pekan ini untuk menggelar pemusatan latihan di wilayah Jabodetabek. Hal ini dilakukan sebagai langkah adaptasi dan meningkatkan fokus jelang babak 8 besar nanti. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Delapan Besar Liga 2 Digelar pada 15-23 Desember 

PSG Pati Lepas Pelatih dan Sejumlah Pemain Senior

PSSI Uji Coba Penonton di Kompetisi Liga 2 pada 15 Desember

Persis Youth Lakukan Medical Check Up Pertama 

Skuad Persis Youth Mulai Jalani Latihan Bersama

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark