Kamis 09 Dec 2021 16:17 WIB

Cara Menjadikan Syukur Sebagai Kebiasaan Sehari-hari

Ada rasa syukur dalam mengenali berkah besar dan kecil.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Cara Menjadikan Syukur Sebagai Kebiasaan Sehari-hari
Foto: Time
Cara Menjadikan Syukur Sebagai Kebiasaan Sehari-hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bersyukur bisa memberikan keajaiban bagi hati dan pikiran Anda. Bayangkan Anda menjadikan 'Thanksgiving' sepanjang hari, setiap hari, bahkan saat diuji.

Thanksgiving dirayakan terutama dalam budaya Barat. Thanksgiving merupakan hari libur tahunan yang ditandai dengan berkumpulnya keluarga dan teman-teman untuk makan bersama dan mengungkapkan perasaan terima kasih. Syukur yang berasal dari kata 'syukr' dalam Islam. Mari belajar menghitung berkat yang kita peroleh setiap saat.

Baca Juga

Jenis-Jenis Ucapan Syukur

Ada ucapan terima kasih yang sering terlupakan setelah melakukan perbuatan baik. Anda mengucapkan doa tambahan, membaca halaman tambahan Alquran, melakukan sejumlah amal. Apakah Anda berterima kasih kepada Allah SWT untuk itu?

Dia Yang Maha Tinggi sebenarnya tidak membutuhkan ucapan terima kasih. Tetapi mengucapkannya sebagai bentuk imbalan. Apakah Anda memperhatikan bunga yang mekar, roti yang baru Anda beli, napas yang Anda hirup tanpa berpikir?

Ada rasa syukur dalam mengenali berkah besar dan kecil dari kesehatan, kekayaan, bimbingan, dan lebih dari semua itu adalah keinginan Anda untuk mempraktikkan Islam. Alhamdulilah kita bisa mengucapkan Alhamdulilah. Dan ada cara yang luar biasa ketika Anda bersyukur. Jika iman Anda rendah, bersyukurlah kepada-Nya atas petunjuk yang Dia berikan kepada Anda dan Dia akan menambah iman dan petunjuk untuk Anda. Mohon kepada Allah SWT, Asy-Shakoor, Yang Maha Menghargai, dari hati untuk menjadi orang-orang yang bersyukut (ash-shaakirin).

Ayat ini bisa menjadi pengubah hidup, gunakan ini sebagai pengingat di dinding. Berikut ayatnya: Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku (2:152).

photo
3 Manfaat Mensyukuri Nikmat Allah SWT (ilustrasi) - (republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement