Kamis 09 Dec 2021 20:43 WIB

Kebiasaan Makan yang Harus Dihindari Agar Jantung Sehat

Pola makan tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan makan yang harus dihindari agar jantung sehat (ilustrasi).
Foto: republika.co.id
Kebiasaan makan yang harus dihindari agar jantung sehat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dari makan sehat hingga berolahraga secara teratur mungkin telah Anda lakoni untuk menjaga kesehatan jantung. Sayangnya, penyakit jantung tetap menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia, karena banyak orang secara tidak sengaja membuat pilihan yang merusak kesehatan jantung setiap harinya.

Bukan hanya gaya hidup pasif yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, namun juga pola makan tidak sehat. Seperti dilansir di laman Eat This Not That, Kamis (9/12), berikut kebiasaan makan yang harus dihindari agar jantung sehat:

Baca Juga

1. Melewatkan sarapan

Menurut sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Cardiovascular Development and Disease, di antara 199.634 peserta dewasa yang belum didiagnosis dengan penyakit kardiovaskular pada awal periode studi, mereka yang tidak sarapan secara teratur memiliki 21 persen risiko lebih tinggi mengalami gejala akut akibat penyakit kardiovaskular (seperti serangan jantung dan angina) atau kematian akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang sarapan secara teratur.

2. Banyak makan karbohidrat olahan 

Meski beberapa karbohidrat kaya serat dapat menjadi bagian dari diet sehat tetapi asupan karbohidrat olahan dari roti putih hingga camilan manis dapat menyebabkan risiko penyakit jantung Anda meningkat.

Sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan di The BMJ menemukan, di antara 148.858 peserta dalam studi Prospective Urban and Rural Epidemiology (PURE) yang tinggal di 21 negara, individu dengan asupan biji-bijian olahan memiliki risiko tertinggi terkait penyakit jantung .

3. Makan daging merah dan olahan

Jika daging merah atau daging olahan seperti sosis adalah bagian dari makanan favorit, secara tidak langsung Anda telah membahayakan jantung. Sebuah meta-analisis tahun 2021 yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition menemukan bahwa setiap peningkatan harian 50 gram daging merah meningkatkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 9 persen dan setiap peningkatan harian 50 gram daging olahan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 18 persen.

4. Makan gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan primadona bagi masyarakat Indonesia. Sayangnya, gorengan bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Sebuah analisis data panel yang diterbitkan di jantung jurnal tahun 2021 menemukan bahwa setiap 114 gram (sekitar 4 ons) peningkatan asupan makanan goreng mingguan dikaitkan dengan peningkatan yang signifikan dalam risiko penyakit jantung.

Orang yang makan gorengan paling banyak juga memiliki risiko gagal jantung 37 persen lebih tinggi, risiko kejadian kardiovaskular utama 28 persen lebih tinggi, dan risiko penyakit jantung koroner 22 persen lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang makan makanan gorengan paling sedikit.

5. Makan larut malam

Sebuah studi 2020 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan, di antara 7.771 peserta dewasa tanpa kanker, diabetes, atau penyakit jantung pada awal masa studi, individu yang melaporkan secara teratur makan di malam hari telah meningkat kekakuan arteri, yang telah dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement