Kamis 09 Dec 2021 22:44 WIB

Kementan Dirikan Posko Hewan Ternak Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Kementan minta posko induk peternakan untuk mengumpulkan hewan ternak di satu tempat.

Red: Andi Nur Aminah
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo
Foto: istimewa
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kementerian Pertanian (Kementan) mendirikan posko induk untuk menampung hewan ternak milik warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. "Sesuai arahan Presiden untuk membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru, kalau yang lain mengurus pengungsi manusia, kami mengurus hewan ternak," kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/12).

Syahrul mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan, saat menghadiri peringatan Hari Tanah Sedunia di Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian Bogor, Kementerian Pertanian, di Cimanggu, Kota Bogor. Menurut Syahrul, Kementerian Pertanian membuat posko induk peternakan untuk mengumpulkan hewan ternak di satu tempat, dan klaster-klasternya sesuai dengan jenis hewan ternaknya. Diatur oleh Dirjen Peternakan. "Pakannya disuplai, sampai masa tanggap darurat dianggap selesai," katanya.

Baca Juga

Hewan ternak milik warga terdampak erupsi Gunung Semeru, seperti kambing, sapi, kerbau, dan lainnya, akan dikembalikan kepada para pemiliknya setelah masa tanggap darurat dianggap selesai dan status Gunung Semeru sudah dinyatakan aman. "Perawatan hewan ternak di posko peternakan, tentu dikawal juga sampai dilakukan pemulihan," katanya.

Selain menjaga hewan ternaik, tim dari Kementan juga turut membantu melakukan penyemprotan tanaman holtikultura dan padi yang terkena abu vulkanik. "Penyemprotan dengan menggunakan air dan pestisida," katanya.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo bersama beberapa Menteri terkait, mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di pengungsian, pada Selasa (7/12).Pada kesempatan tersebut, Syahrul juga melihat lahan pertanian yang rusak akibat tertimpa abu vulkanik. "Ada sekitar 884 hektar lahan pertanian yang rusak, dari sekitar 11 ribu lahan pertanian," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement