Kamis 09 Dec 2021 23:31 WIB

5 Manfaat Bertaubat dan 4 Syarat Taubat Hamba Diterima

Allah SWT membuka pintu ampunan untuk orang yang bertaubat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti, Fuji Eka Permana / Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT membuka pintu ampunan untuk orang yang bertaubat. Ilustrasi taubat
Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Allah SWT membuka pintu ampunan untuk orang yang bertaubat. Ilustrasi taubat

REPUBLIKA.CO.ID, — Bertaubat merupakan perintah Allah ﷻ yang ditujukan secara terus menerus. Terutama bagi mereka yang ingin diampuni dosa-dosanya. 

Dilansir di aboutislam.net, beberapa pahala taubat yang dilakukan dengan tulus maka akan dibalas Allah ﷻ, beberapa hikmah  yang diberikan kepada petaubat, di antaranya: 

Baca Juga

Pertama, taubat membawa kesuksesan 

Jika menempuh jalan yang dilarang Allah, maka berarti memilih untuk kehilangan rahmat, penghargaan, bantuan, dan perlindungan Allah. 

Tetapi pada saat dengan sungguh-sungguh bertaubat, maka yakinlah akan bantuan-Nya dalam hidup. Allah ﷻ memberitahu kita, dalam surat An Nur ayat 31 sebagai berikut:

 ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.” 

Contoh kesuksesan di dunia adalah, kekayaan, anak-anak, dan peningkatan produktivitas dan berkah. Sebagaimana Allah sebutkan dalam surat Hud ayat 52:  

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

“Dan (Hud berkata), "Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa.” 

Kedua, bartaubat menjauhkan dari kesulitan

Semakin banyak kita berbuat dosa, semakin kita dapat kehilangan berkah Allah dan semakin banyak cobaan yang mungkin harus kita tanggung. Taubat dapat memberi kita jalan keluar dari kesulitan hidup kita, sebagaimana Allah berfirman dalam surat At Taubah ayat 126: 

أَوَلَا يَرَوْنَ أَنَّهُمْ يُفْتَنُونَ فِي كُلِّ عَامٍ مَرَّةً أَوْ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ لَا يَتُوبُونَ وَلَا هُمْ يَذَّكَّرُونَ

“Dan tidakkah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, namun mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran?” 

Ketiga, Allah  ﷻ mencintai orang yang bertaubat 

Tahukah kamu bahwa taubat adalah salah satu ibadah yang paling dicintai-Nya? Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 222: 

 ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.” 

Baca juga: Mualaf Koh Asen, Tergugah Buku Seputar Alam Gaib  

Keempat, bertaubat akan membuat bahagia 

Bertaubat adalah membersihkan hati. Sehingga membuat kita merasa lebih ringan, sama seperti beban dosa membuat merasa berat. Katakan saja pada diri sendiri, siapa yang bisa menghentikan saya untuk kembali kepada Allah ﷻ?   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement