Sabtu 11 Dec 2021 05:30 WIB

35 Ide Kebaikan Sederhana yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Berbuat baik pada dasarnya tidaklah sulit.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
35 Ide Kebaikan Sederhana yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
35 Ide Kebaikan Sederhana yang Bisa Diamalkan dalam Kehidupan Sehari-hari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuat baik pada dasarnya tidaklah sulit. Meskipun kerap kali kita merasa tidak memiliki waktu atau uang untuk melakukan tindakan yang baik, terlepas dari niat baik kita.

Sebenarnya, kita bisa menjadi baik dan dermawan bahkan tanpa mengeluarkan uang. Dengan kebaikan itu, kita berharap bisa meraih pahala dari Allah Swt. Islam sendiri mengajarkan bahwa setiap perbuatan baik adalah sedekah (amal), sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Baca Juga

Berikut 35 ide untuk berbuat baik yang bisa kita lakukan dengan mudah sebagai bagian dari iman atau amal kebaikan, seperti dikutip di About Islam, Selasa (7/12):

1. Beri perpanjangan waktu untuk seseorang yang berutang kepada kita agar mereka bisa mengembalikan utang tersebut atau maafkan dan ikhlaskan utang itu sama sekali. Sebab, sebuah hadits mengatakan, "Barangsiapa ingin Allah menyelamatkannya dari kesulitan di hari kiamat, ia harus memberikan lebih banyak waktu untuk peminjam yang kekurangan uang atau melunasi utangnya sama sekali." (Muslim).

2. Ajari anak meski satu ayat pendek dari Alquran. "Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain." (Bukhari)

3. Menanam sesuatu yang bisa dimakan. "Jika seorang Muslim menanam sesuatu atau menabur benih yang dimakan manusia, burung, atau binatang, hal itu termasuk sedekah baginya." (Bukhari, Muslim)

4. Katakan sesuatu yang akan membantu menciptakan perdamaian antara dua orang. Hal ini dianggap sebagai perbuatan amal. (Bagian dari Hadits dalam Bukhari dan Muslim).

5. Ambilkan segelas air untuk seseorang. Hal ini juga dianggap sebagai amal kebaikan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement