Sabtu 11 Dec 2021 12:39 WIB

Nadiem Apresiasi IPB Rangking Pertama Penerima Dana Langsung

IPB University telah mampu menggaet pihak swasta untuk penelitian dan inovasi.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kampus IPB University di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok IPB
Kampus IPB University di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyampaikan IPB University merupakan salah satu kampus dengan predikat atau rangking pertama yang mendapatkan dana langsung dari pemerintah atas keberhasilan menarik investasi pihak swasta.

"Ini namanya 'penombokan', kalau mereka, IPB juga berhasil menarik (investasi), kita juga memberikan yang sepadan," ujar Nadiem dalam jumpa pers di Gedung Auditorium Fakultas Ekonomi IPB University, Kota Bogor, Jawa Timur, Jumat (10/12).

Baca Juga

Menurut Nadiem, IPB University yang telah mampu menggaet pihak swasta untuk penelitian dan inovasi perlu didorong pemerintah melalui bantuan dana langsung untuk memperlancar  proyek riset yang sedang dilakukan dengan dana yang disesuaikan kebutuhannya.

Dana tersebut adalah bentuk apresiasi pemerintah terhadap capaian IPB University yang telah memiliki projek berbasis pembelajaran (project base learning), baik untuk bidang pertanian, peternakan dan lainnya dengan menggandeng perusahaan-perusahaan terkait.

Termasuk saat membicarakan program KIP Kuliah Merdeka bersama Rektor IPB University Arif Satria, kata Nadiem, kampus tersebut jauh-jauh hari telah melaksanakan hal serupa. "Jadi, saya senang, semuanya sudah base learning," ujarnya.D

alam kunjungannya ke IPB, Nadiem diajak Arif Satria berkeliling melihat berbagai aktivitas di dalam kampus tersebut. Nadiem memuji IPB sebagai kampus yang susah dimerdekakan karena sudah lebih dulu merdeka.

Rektor IPB Arif Satria pun mengapresiasi Kemendikbudristek yang melaksanakan program KIP Kuliah Merdeka sebagai langkah memutus rantai kemiskinan. Menurut dia, kemiskinan hanya bisa diatasi dengan pendidikan tinggi yang semakin merata bagi masyarakat Indonesia. "Program ini bisa membuat mahasiswa percaya diri dan mempunyai mimpi dan punya cita-cita," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement