Ahad 12 Dec 2021 09:47 WIB

Cara Menjadikan Seeorang Sebagai Moderator di Twitch

Moderator Twitch membuat pemirsa tetap aman dan memastikan obrolan tetap positif.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ani Nursalikah
Cara Menjadikan Seeorang Sebagai Moderator di Twitch. Situs video live-streaming Twitch
Cara Menjadikan Seeorang Sebagai Moderator di Twitch. Situs video live-streaming Twitch

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat streaming di Twitch. Setelah menyiapkan saluran, bersama dengan jadwal streaming, konten, dan pemasaran yang telah ditetapkan, Anda sebaiknya mencari satu atau lebih moderator untuk obrolan. Baik Anda baru memulai maupun seorang streamer yang sudah mapan, memiliki moderator (mod) untuk menangani obrolan akan membuat pemirsa Anda tetap aman dan memastikan suasana keseluruhannya positif. 

Meskipun streaming umumnya merupakan aktivitas positif, komunitas (dan streamer) dapat sangat terpengaruh oleh komentator yang penuh kebencian. Anda mungkin pernah melihat atau mendengar obrolan Twitch menjadi serba salah.

Baca Juga

Itu adalah tugas streamer untuk memiliki seseorang di tempat yang akan menjaga keadaan tetap damai, atau setidaknya mencoba melakukannya. Cara menjadikan seseorang sebagai moderator, dilansir dari Digital Trends, Ahad (12/12). 

  1. Minta pengguna bergabung dengan stream Anda. 
  2. Klik Nama Pengguna mereka di obrolan. 
  3. Klik Ikon Orang dengan Tanda Plus yang bertuliskan “Mod [nama pengguna].” Mereka akan diberi hak moderator. 
  4. Metode lain untuk membuat seseorang menjadi mod adalah dengan menggunakan perintah mod. Untuk melakukannya ketik “/mod [nama pengguna]” di obrolan. Misalnya, jika Anda ingin pengguna johnsmith menjadi mod, ketik “/mod johnsmith.” Setelah Anda mengetikkan perintah, sebuah pesan akan muncul yang berbunyi “[nama pengguna Anda] diberikan hak moderator kepada johnsmith. 
  5. Mod dapat terlihat dalam obrolan dengan ikon pedang hijau di sebelah nama mereka. Mereka dapat menggunakan perintah untuk menjaga obrolan tetap ramah dan aman. Anda dapat (dan harus) memiliki beberapa mod tergantung pada ukuran saluran Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement