Senin 13 Dec 2021 06:13 WIB

Nataru 2022, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 20 T

Alokasi uang tunai ini meningkat sekitar 19 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto
Direktur Mandiri Syariah, Toni EB Subari mengatakan, pihaknya menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 20 triliun selama Desember 2021.
Foto: Dok. Mandiri Syariah
Direktur Mandiri Syariah, Toni EB Subari mengatakan, pihaknya menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 20 triliun selama Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 20 triliun selama Desember 2021. Hal ini untuk mengantisipasi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. 

Direktur Operation Bank Mandiri Toni EB Subari mengatakan, alokasi ini meningkat sekitar 19 persen dari periode yang sama tahun lalu. Hal ini menyusul proyeksi kenaikan kebutuhan pengisian ATM seiring peningkatan transaksi masyarakat.

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022 akan mengalami peningkatan. Maka itu, seluruh kantor cabang kami pun juga akan tetap beroperasi normal untuk melayani nasabah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (13/12).

Dia mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi puncak transaksi nasabah ATM maupun EDC pada Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Saat ini, total ATM Bank Mandiri yang beroperasi sebanyak 13.040 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Transaksi pada mesin EDC diperkirakan juga akan mengalami peningkatan pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022, mengingat adanya pembagian THR untuk karyawan yang merayakan Hari Raya Natal serta event Hari Belanja Nasional (Harbolnas). "Mengantisipasi hal ini, Bank Mandiri telah menyediakan jaringan EDC yang digunakan oleh lebih dari 180.000 mitra merchant untuk mendukung transaksi non tunai nasabah," ungkapnya.

Di samping itu, Toni menjelaskan, perseroan juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti super app Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri, SMS Banking, serta Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan. 

“Aplikasi Livin’ by Mandiri hadir dengan fitur-fitur baru seperti pembukaan rekening tabungan perdana yang dilengkapi dengan teknologi terbaru face recognition dan liveness yang memungkinkan calon nasabah membuka rekening secara online tanpa melakukan panggilan video dengan agen atau petugas bank,” jelasnya.

Toni menyebut, fitur-fitur lain yang tidak kalah menarik yakni tarik tunai tanpa kartu hingga Rp 5 juta/hari, Smart Top Up top up e-wallet secara otomatis, Intip saldo, Quick Pick untuk akses transaksi cepat bahkan sebelum login dan lainnya.

“Nasabah diberikan akses lengkap ke seluruh rekening tabungan, pinjaman personal, kartu kredit, bahkan e-wallet favorit nasabah hanya dengan sekali login,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement