UII Buka Prodi Doktor Ilmu Manajemen

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UII Yogyakarta.
Kampus UII Yogyakarta. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta terus mengembangkan layanan pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan. Ini sebagai respons UII meningkatkan kualitas akademik sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan berkualitas.

Kali ini, diwujudkan lewat pendirian Prodi Ilmu Manajemen Program Doktor (S3 Ilmu Manajemen) di bawah Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE). Prodi ini telah mendapat lampu hijau lewat SK Mendikburistek No 532/E/O/2021 per 30 November 2021.

Prodi Doktor Ilmu Manajemen merupakan prodi ke-50 yang dimiliki UII, sekaligus menjadi program doktor kelima yang dikelola UII. UII sebelumnya telah memiliki Program Doktor Teknik Sipil, Hukum, Hukum Islam, dan Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Rektor UII, Prof Fathul Wahid, menerima dokumen SK dari Plt Kepala LL Dikti Wilayah V, Bhimo Widyo Andoko di Gedung Prof Sardjito, Kampus Terpadu UII. Acara dihadiri Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Drs Suwarsono Muhammad.

Dalam sambutannya, Rektor UII, Fathul Wahid, menyampaikan rasa syukur mendalam atas keluarnya izin operasional Program Doktor Ilmu Manajemen. Ia berpendapat, kehadiran prodi ini menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan dan diharapkan UII.

Saat ini, keberadaan doktor masih sangat dibutuhkan dalam menambah daya saing SDM Indonesia. Jumlah doktor per satu juta penduduk di Indonesia masih sekitar 100 orang doktor, yang tentu saja angka seperti itu masih perlu ditingkatkan. "Ini juga sebagai upaya menumbuhkan kapasitas UII secara vertikal," kata Fathul, Senin (13/12).

Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Suwarsono Muhammad berharap, keberadaan Prodi Doktor Ilmu Manajemen UII dapat memberikan sumbangsih kritis. Terutama, bagi pengembangan teori manajemen yang selama ini sudah mapan.

"Hal itu sangat penting karena ilmu manajemen mempunyai tugas mulia mewujudkan tatanan dunia yang lebih sejahtera dan seimbang antara aktivitas ekonomi dengan keadilan sosial" ujar Suwarsono.

Plt Kepala LL Dikti Wilayah V, Bhimo Widyo Andoko menambahkan, adanya momen ini bisa jadi kesempatan yang baik bagi masa depan pendidikan perguruan tinggi, khususnya di UII. Ia berharap, program-program di UII dapat berkembang lebih baik.

Yang mana, lanjut Bhimo, sesuai dengan cita-cita yang terus disampaikan UII. Karenanya, ia menekankan, akan terus mendukung dan mengusahakan regulasi yang terbaik terkait pengajuan program-program studi baru bagi perguruan tinggi. "Kami sangat mendukung dan akan membantu perkembangan prodi ini," katanya.

Terkait


UII Yogyakarta Salurkan Hibah Bina Lingkungan

Kondisi Pandemi, UII Tetap Konsisten Jaga Kualitas Akademik

UII dan Unpad Gelar International Office Conference 2021

UII Yogyakarta Kukuhkan Tiga Guru Besar

Era Digital, Lanskap Studi Islam dan Ilmu Sosial Berubah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark