Senin 13 Dec 2021 15:56 WIB

BNPB: 9.374 Pengungsi Semeru Tersebar di 123 Titik

BNPB mengatakan masih ada hampir 10 ribu pengungsi erupsi Semeru.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto sebut masih ada sekitar 10 ribu pengungsi erupsi Semeru yang tersebar di sejumlah titik. (foto: ilustrasi)
Foto: BNPB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto sebut masih ada sekitar 10 ribu pengungsi erupsi Semeru yang tersebar di sejumlah titik. (foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, menyampaikan kondisi terkini pascaerupsi Gunung Semeru awal Desember 2021 lalu. Menurut catatannya, masih ada hampir 10 ribu pengungsi yang tersebar di sejumlah titik.

"Pengungsi masih banyak terus dilaksanakan pendataan, jumlahnya sampai pagi ini 9.374 kami catat dan kami catat terus karena tersebar di 123 titik," kata Suharyanto dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (13/12). 

Baca Juga

Suharyanto mengungkapkan, pengungsi  tidak hanya berada di Lumajang, Jawa Timur. Beberapa pengungsi juga tersebar di Blitar, Probolinggo, hingga Jember. Suharyanto juga mengungkapkan hingga hari ini belum ada tambahan jumlah korban meninggal akibat erupsi Semeru. Total korban meninggal masih sebanyak 46 orang. 

"Kemudian sembilan masih dinyatakan hilang dan ini  kami tambah lagi tanggap daruratnya 14 hari untuk terus mencari korban yang hilang ini," ujarnya.

Suharyanto juga mengungkapkan sebanyak 18 orang mengalami luka berat. Rata-rata luka bakar terkena lahar dan 12 orang mengalami luka ringan. "Tanggap darurat sudah ditetapkan bupati lumajang TMT (terhitung mulai tanggal) 4-17 Desember 2021," ungkapnya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اِنْ كَانَ اٰبَاۤؤُكُمْ وَاَبْنَاۤؤُكُمْ وَاِخْوَانُكُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَاَمْوَالُ ِۨاقْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَآ اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَجِهَادٍ فِيْ سَبِيْلِهٖ فَتَرَبَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَمْرِهٖۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ ࣖ
Katakanlah, “Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.

(QS. At-Taubah ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement