Selasa 14 Dec 2021 13:29 WIB

Dosen Universitas BSI Tingkatkan Keahlian Perangkat Desa

Lewat program pengabdian, dosen Universitas BSI latih perangkat desa Microsoft Office

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop dengan tema “Make Your Work More Easily With Microsoft Office For Goverment Administration”, di Kantor Desa Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pada 5 dan 6 Desember 2021.
Foto: UBSI
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop dengan tema “Make Your Work More Easily With Microsoft Office For Goverment Administration”, di Kantor Desa Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pada 5 dan 6 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Teknologi informasi memegang peran yang sangat penting, terutama dalam pengelolaan sistem informasi manajemen, mulai dari entry data, pengelolaan data, dan pengiriman data informasi. Dengan adanya teknologi informasi, semua kerja kita dapat berjalan lebih mudah dan lebih cepat.

Untuk mewujudkan masyarakat memahami perkembangan teknologi informasi, dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop dengan tema “Make Your Work More Easily With Microsoft Office For Goverment Administration”, di Kantor Desa Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, pada 5 dan 6 Desember 2021.

Ketua kelompok dosen, Iqbal Dzulfiqar Iskandar mengatakan, kegiatan workshop tersebut sebagai upaya untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang mana salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sharing knowledge atau sharing  ilmu pengetahuan melalui pelatihan aplikasi komputer.

Dalam kaitannya dalam kinerja keuangan perusahaan, Teknologi Informasi (TI) memberikan kemudahan dalam mengolah, mengelola dan menyajikan informasi keuangan, dengan dukungan sebuah sistem informasi. Sehingga dapat tercapai competitive advantage, bagi organisasi atau perusahaan dan diharapkan selaras dengan kebutuhan masyarakat disana.

“Kami, dosen Universitas BSI dapat membantu peserta pelatihan aparat Desa Cihaurbeuti dalam meningkatkan keahlian yang lebih dibidang teknologi informasi, khususnya dalam bidang pelaporan keuangan,” ujar Iqbal. 

Ia menambahkan bahwa, pelatihan membuat administrasi keuangan menggunakan Microsoft Excel mempelajari bagaimana penggunannya untuk membuat administrasi keuangan secara sederhana dan tepat guna. 

“Seluruh peserta kami bimbing agar bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel ini, agar dalam proses pembuatan administrasi keuangan di Desa Cihaurbeuti bisa lebih cepat,” ujarnya.

Sementara itu, Ullo Saefulloh, selaku kepala desa Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, mengemukakan, kegiatan ini bisa menjadi pelatihan yang tepat untuk kantor desa, dan sesuai dengan kebutuhan perangkat desa.

“Sangat bagus, workshop ini dapat menambah keahlian kami dalam mengolah administrasi keuangan dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel. Kegiatan tersebut sangat positif karena kompetensi yang dimiliki narasumber mencerdaskan masyarakat. Dan semoga pelatihan-pelatihan serupa seperti ini, dapat terus berlanjut dan mengangkat tema yang bersifat aplikatif di masyarakat,” ucapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

(QS. Al-Baqarah ayat 264)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement