Selasa 14 Dec 2021 13:58 WIB

Karena Teras Kopi, Erick Thohir Didoakan Jadi Pemimpin Indonesia

Teras menjadi tempat bercengkrama para petani, sekaligus bertukar informasi

Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - Sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Bengkulu, Kabupaten Kepahiang dinilai masih belum mumpuni dalam memanfaatkan pengelolaan hasil komoditas tanaman agar memiliki nilai ekonomi tinggi.

Desa Bandung Jaya, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, salah satunya. Di desa ini, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani kopi. Namun, selama ini mereka hanya sebatas mengetahui cara menanam dan menjual hasil panennya.

Baca Juga

Atas kegelisahan itu, pelatihan pengelolaan biji kopi untuk para petani dan masyarakat umum dibuat. Awalnya pelatihan dilakukan di ruangan yang disebut mereka dengan nama "warung". 

Agar terlihat mencolok, di depan warung terdapat reklame ukuran kecil bertuliskan 'The Coffee Shop'. Kesan kopi tampak jelas dengan dominasi warna cokelat, hijau, dan putih. Tak lupa gambar cangkir dan biji kopi dalam ukuran besar semakin mempertegas keberadaannya.

Namun, saat memasuki warung, kesan sempit langsung terasa menghampiri. Ruangan yang tidak terlalu luas, bekisar 10,5x12 meter persegi.

Tapi terasa sempit dengan keberadaan sejumlah kursi dan satu meja ukuran panjang dan cukup besar tampak memenuhi ruangan.

Belum lagi dengan keberadaan alat pelatihan yang ada di dalamnya. Mulai dari alat roaster kopi hingga penggiling biji kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement