Kamis 16 Dec 2021 07:05 WIB

Kemenkes: Kedepankan Protokol Kesehatan Saat Beraktivitas

Kenaikan kasus akan terjadi bila protokol kesehatan tidak dijalankan dengan baik.

Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan dalam beraktivitas agar tetap produktif. (Foto: Aktivitas masyarakat)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan dalam beraktivitas agar tetap produktif. (Foto: Aktivitas masyarakat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan dalam beraktivitas agar tetap produktif. Meski vaksinasi di dalam negeri sudah relatif tinggi dan situasi pandemi semakin membaik, kenaikan kasus akan tetap terjadi bila protokol kesehatan tidak dijalankan dengan baik di masyarakat.

"Situasi yang semakin membaik ini harus sama-sama kita jaga, tetap batasi mobilitas dan patuhi protokol kesehatan," ujar Nadia dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Rabu (15/12).

Baca Juga

Nadia mengemukakan, vaksinasi Covid-19 nasional untuk dosis pertama sudah mencapai 147,9 juta atau 70 persen dari sasaran per 14 Desember 2021, pukul 18.00 WIB. Sementara itu, masyarakat yang sudah mendapatkan dosis secara lengkap 50 persen dari target sasaran yang sebanyak 208.265.720 orang.

"Untuk vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan pun sudah diberikan sebanyak 86 persen," katanya.

Dalam kesempatan itu, Nadia juga meminta kepada masyarakat untuk jangan ragu memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat jika muncul gejala Covid-19. "Jika anda, keluarga anda, tetangga dan masyarakat yang sakit atau memiliki gejala Covid-19 jangan ragu untuk segera ke puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut," tuturnya.

Menjelang libur panjang Natal dan tahun baru, Nadia mengimbau kepada para pengelola tempat-tempat publik untuk melakukan pengawasan yang ketat selama jam operasional berlangsung agar tidak terjadi kerumunan dan juga tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan. "Kepada seluruh masyarakat, jalankan perilaku hidup sehat, jalankan protokol kesehatan, dan segera lakukan vaksinasi," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement