Kamis 16 Dec 2021 11:13 WIB

Gempa Magnitudo 5,1 Dirasakan Kuat di Jember, Satu Rumah Rusak Berat

Pusat gempa berada di barat daya Jember dengan kedalaman 10 km tak berpotensi tsunami

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Gempa
Foto: Pixabay
Ilustrasi Gempa

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,1 mengguncang wilayah Jember, Jawa Timur, pada Kamis, (16/12) pukul 06.01 WIB. Gempa mengakibatkan sedikitnya satu rumah rusak berat.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, guncangan gempa dirasakan kuat di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang, sementara di Kabupaten Probolinggo guncangan gempa dirasakan lemah.

"Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan sementara kerusakan akibat gempa ini yakni satu unit rumah rusak berat, empat unit rumah rusak sedang, enam unit rumah rusak ringan serta satu pondok pesantren rusak ringan," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (16/12).

Selain itu, dia melanjutkan, dilaporkan juga terdapat 11 Kepala Keluarga (KK) terdampak dan masih dalam pendataan tim kaji cepat. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di laut, tepatnya 42 kilometer (km) barat daya Jember dengan kedalaman 10 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Berdasarkan laporan di lapangan, meski masyarakat sempat panik kondisi saat ini telah kembali kondusif," ujarnya. Kendati demikian, dia menambahkan, BPBD masih melakukan monitoring dan siap siaga jika terjadi gempa susulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement