Kamis 16 Dec 2021 17:40 WIB

Omicron Masuk Indonesia, Ridwan Kamil: Kuncinya Tetap Prokes

Prokes merupakan cara terbaik dalam menghentikan penularan Covid-19 varian apapun.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Mas Alamil Huda
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan (prokes) menyusul pengumuman resmi dari pemerintah terkait kasus Covid 19 varian omicron pertama di Indonesia.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan (prokes) menyusul pengumuman resmi dari pemerintah terkait kasus Covid 19 varian omicron pertama di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau warga Jabar untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan (prokes) menyusul pengumuman resmi dari pemerintah terkait kasus Covid 19 varian omicron pertama di Indonesia. Prokes merupakan cara terbaik dalam menghentikan penularan Covid-19 varian apapun.

Menurut Ridwan Kamil, penanganan omicron tidak berbeda dengan penanganan varian Covid-19 lainnya. Namun, tingkat penularan omicron memang disebut jauh lebih cepat. "Nggak ada beda, cuma kecepatan menularnya lebih tinggi. Kuncinya tetap protokol kesehatan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, di Bandung, Kamis (16/12). 

Baca Juga

Emil mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan arahan terkait penanganan omicron di Indonesia. "Ada tiga arahan dari Presiden. Satu, omricon sudah masuk ke Jakarta kita diminta mengecek semua kesiapan seperti rumah sakit, oksigen, alhamdulillah Jabar sudah siap," katanya.

Arahan kedua, Presiden Jokowi meminta agar program vaksinasi harus mencapai target 70 persen pada akhir Desember mendatang. "Saya kira dalam sehari dua hari bisa tercapai, jadi akhir bulan (capaian vaksinasi) bisa jauh lebih tinggi," katanya. 

Arahan ketiga, kata dia, Presiden Jokowi meminta semua pihak, termasuk masyarakat untuk bersiaga menghadapi momentum libur Natal dan tahun baru lewat penerapan prokes. Termasuk, mengantisipasi dampak cuaca buruk di akhir tahun ini. 

"Kemudian mengingatkan di akhir tahun untuk mengantisipasi kombinasi cuaca buruk, libur Natal tahun baru. Meminta semua bersiaga memastikan masyarakat terjaga, aman melalui prokes," kata Emil. 

Menurut Emil, Presiden Jokowi mengapresiasi kinerja penanganan Covid-19. Selain itu, Presiden menyoroti adanya penurunan capaian harian vaksinasi di Indonesia yang tadinya 2 juta dosis per hari menjadi 1 juta per hari. "Ini lagi didorong lagi oleh semua pihak sehubungan dengan datangnya omicron," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement