Kamis 16 Dec 2021 19:21 WIB

Baznas Serahkan Bantuan Rp 15 Miliar untuk Korban Erupsi Semeru

Bantuan tersebut diserahkan melalui pemda kabupaten Lumajang

Rep: rossi handayani/ Red: Hiru Muhammad
Tampak petugas dari Baznas sedang melakukan kegiatan SAR di kawasan erupsi Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
Foto: baznas
Tampak petugas dari Baznas sedang melakukan kegiatan SAR di kawasan erupsi Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyerahkan bantuan senilai Rp 15 Miliar kepada warga korban Erupsi Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Penyerahan bantuan hasil penghimpunan Baznas Se-Indonesia ini dilakukan Ketua Baznas Prof. Dr. KH Noor Achmad, MA kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq secara daring dengan disaksikan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin yang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (16/12).

"Sebelumnya, kami berencana akan mengunjungi para korban erupsi Semeru, namun gunung kembali mengeluarkan awan panas sehingga kami melakukan penyerahan bantuan secara hybrid. Mudah-mudahan hal ini tidak mengurangi niat baik kita," kata Prof Dr KH Noor Achmad, MA dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

Baca Juga

Prof Noor mengatakan, pihaknya menyerahkan bantuan sebesar Rp 15 Miliar untuk korban erupsi Semeru melalui Pemerintah Daerah Lumajang.  "Baznas masih terus siap siaga untuk melayani masyarakat terdampak. Kami juga masih terus mengumpulkan bantuan untuk para korban bencana," kata Prof Noor.

Dalam hal ini, Prof Noor menjelaskan, program pemulihan pasca erupsi menjadi salah satu upaya Baznas dalam membantu korban bencana erupsi Semeru, karena banyak rumah warga yang akan dibantu. 

"Baznas juga menaruh perhatian pada perekonomian masyarakat terdampak pasca bencana. Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan dapat membantu masyarakat Semeru agar segera pulih kembali," kata dia. 

Sementara itu, K.H. Ma’ruf Amin memastikan pemerintah memiliki komitmen kuat untuk menuntaskan dan menangani masalah masyarakat yang terdampak erupsi Semeru, termasuk penyediaan hunian baru.

"Alhamdulillah, semua sudah disiapkan. Insya Allah tempat tinggalnya sudah akan dibangun, jalan-jalannya sudah akan dibuat, jembatannya juga sudah akan dibuat. (Bapak/Ibu) jangan lagi merasa sedih, merasa susah," ungkap Wapres.

Adapun terkait lokasi pembangunan hunian bagi para pengungsi ini, Wapres menuturkan bahwa akan dicarikan yang paling aman dan diupayakan masih dekat dengan lokasi tempat tinggal yang lama.

Wapres RI KH Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas yang sedianya mengunjungi Posko Pengungsian Korban Erupsi Semeru, di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kamis (16/12) batal dilaksanakan. Pembatalan dilakukan karena Semeru kembali mengeluarkan awan panas.

Dalam kunjungannya Wapres RI didampingi Ibu Hj Wury Ma'ruf Amin. Selain itu, turut serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jhon Wempi Wetipo, Plt Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto, Tim Ahli Wapres M Noor Marzuki,

Turut juga menyambut dalam kunjungan Gubernur dan Wagub Jawa Timur, Anggota Forkopimda Provinsi Jatim, Kepala BNPB, Bupati Lumajang, Pimpinan Baznas Jawa Timur dan Baznas Kabupaten Lumajang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement