Ahad 13 Feb 2022 06:19 WIB

Ciri-Ciri Anak Sehat, Perhatikan Moms!

Anak sehat memiliki beberapa tanda yang bisa dikenali para orangtua. Tidak hanya dilihat dari fisik atau jasmaninya saja. Berikut 10 ciri-ciri anak sehat.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Ciri Ciri Anak Sehat
Ciri Ciri Anak Sehat

Melihat anak tumbuh sehat jasmani maupun rohani adalah kebahagiaan para orangtua. Anak sehat memiliki tanda yang bisa dikenali.

Defisini anak sehat memang tidak hanya dilihat dari fisiknya saja. Tetapi juga dari mental dan kehidupan sosialnya. Berikut ciri-ciri anak sehat yang bisa diperhatikan orangtua:

Baca Juga: Kenali 5 Tanda yang Menunjukkan Sikap Orangtua yang Toxic

 

Ciri anak sehat

Ciri anak sehat

1. Berat badan proporsional 

Tanda pertama yang bisa dengan mudah dilihat dari anak sehat adalah berat badannya. Berat badan yang ideal dan proporsional sesuai usianya menandakan bahwa anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. 

Karenanya, perlu diperhatikan jika berat badan anak justru berhenti di tempat. Artinya tidak naik atau tidak turun. Bahkan cenderung merosot. Bila anak kamu sedang mengalami kondisi tersebut, segera periksa ke dokter maupun ahli gizi.

2. Tinggi badan bertambah

Selain berat badannya, tinggi badan anak juga bisa jadi indikasi kesehatan pada anak secara fisik. Anak yang secara fisik sehat, dalam grafik pertumbuhan, tinggi badannya akan terlihat baik sesuai usianya. 

Pertumbuhan pesat pada anak biasanya terjadi ketika memasuki pubertas. Umumnya, anak laki-laki mulai muncul perubahan di usia sekitar 10 sampai 14 tahun, sementara pada anak perempuan di usia sekitar 9 sampai 14 tahun.

3. Bergerak secara aktif  

Ketika anak suka melakukan aktivitas fisik, menandakan bahwa anak punya fisik yang sehat dan kuat. Jika anak aktif, rasa percaya dirinya tinggi, mudah berkonsentrasi saat di sekolah, gampang berkomunikasi dengan temannya.

Baca Juga: Dear Orangtua, Ketahui Jenis-Jenis Imunisasi ini Agar Anak Sehat

4. Kecerdasan anak bertambah

Penting bagi orangtua untuk memantau bagaimana kecerdasan anak. Apakah kecerdasan yang anak miliki sudah sesuai dengan usianya saat ini atau belum.

Mulai dari kecerdasan sensorik dan motorik. Keduanya harus berkembang sesuai usia anak, jika hingga di usia tertentu kecerdasan anak tidak juga berkembang, segera konsultasi dengan dokter.  

Ciri anak sehat

Ciri anak sehat

5. Emosi cenderung stabil

Tanda anak sehat bisa dilihat dari emosinya. Jarang menunjukan kesedihan, dan tak suka menarik diri tiba-tiba. Anak-anak kerap mengalami tantrum ketika keinginannya tidak dipenuhi orangtua.

Namun jika anak cenderung sering tantrum dan bersikap agresif secara terus-menerus, artinya ada masalah dalam kesehatan mentalnya. 

6. Tidak gampang bosan  

Anak-anak memang cenderung gampang bosan. Entah itu dengan mainannya, suasana rumah, teman, dan lain sebagainya.

Namun anak sehat secara mental akan lebih mudah memanfaatkan waktunya sehingga tidak mudah bosan. Jika merasa bosan, mereka akan menemukan cara untuk mengatasi rasa bosan tersebut dengan hal lain yang lebih menyenangkan.

7. Mampu konsentrasi dan fokus

Tanda selanjutnya anak sehat terlihat dari tingkat konsentrasi dan fokusnya. Perhatian anak tak mudah teralihkan, mereka mampu menyelesaikan tugas atau apapun yang dilakukan dengan cepat.

Selain itu, anak-anak ini juga cenderung mudah menyerap apapun jenia pelajaran yang diterima di sekolah maupun yang orangtua berikan di rumah.

Ciri anak sehat

Ciri anak sehat

8. Mudah bergaul dengan siapa saja 

Ciri anak sehat lainnya adalah bagaimana mereka bergaul. Anak sehat cenderung lebih mudah mengenali teman, orang-orang yang ada di sekitarnya dan lingkungannya. 

Meskipun tiap anak memiliki kecepatan adaptasi yang berbeda, tapi umumnya anak akan mudah beradaptasi dan bergaul. Jika anak merasa malu dan kurang percaya diri di lingkungan pertemanannya, coba cari tahu apa masalahnya dan temukan solusinya.

Baca Juga: Tips Memberi Uang Jajan untuk Anak Remaja

9. Suka berbagi

Lihat, apakah anak moms mau berbagi dan tidak saling berebut dengan temannya? Hingga usia balita, sebagian besar anak punya sikap egois, cenderung mementingkan dirinya sendiri. 

Agar anak tidak bersikap egois, ajari mereka untuk saling berbagi, baik berbagi makanan, minuman atau mainan bersama. Sikap ini juga bisa menjadikan anak lebih peduli dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

10. Percaya diri dan lebih ceria 

Anak sehat bersikap ceria dan gembira adalah ciri anak sehat secara mental. Selain itu, rasa percaya diri pada anak juga cukup baik, sehingga mereka tampak ceria dan membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja.

Apakah Anak Moms Memiliki Ciri di Atas? 

Dari 10 ciri anak sehat di atas, apakah anak-anak moms memilikinya? Jika ya, moms patut bersyukur dan terus menjaga kesehatan anak. Baik dari fisik, mental, maupun sosialnya.

Apabila tidak, moms dapat berkonsultasi pada pakarnya sehingga mendapatkan penanganan yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

 Baca Juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Anak Biar Tidak Stres Selama Pandemi Covid-19

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement