Ahad 19 Dec 2021 22:32 WIB

Ini Alasan Shin Berdiri 90 Menit di Pinggir Lapangan Dampingi Pemain Vs Malaysia

Shin Tae-yong mengaku selalu ingin berjuang bersama para pemain Indonesia.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Shin Tae-yong mengaku selalu ingin berjuang bersama para pemain Indonesia.
Foto: EPA-EFE/KHALED ELFIQI
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Shin Tae-yong mengaku selalu ingin berjuang bersama para pemain Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku selalu ingin berjuang bersama para pemain saat pertandingan. Hal itu terlihat selama laga melawan Malaysia di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020, Ahad (19/12) malam.

Shin selalu berdiri di pinggir lapangan walaupun Indonesia sudah memimpin pertandingan.

Baca Juga

"Selama menjadi pelatih saya tidak pernah duduk di bench. Selama 90 menit pemain bekerja keras, maka saya juga harus menunjukkan kerja keras ketika para pemain bermain," kata Shin dalam konferensi pers setelah pertandingan, Ahad.

Di sisi lain, Shin menilai mental para pemain muda Indonesia sudah berkembang. Hal itu terlihat saat skuad Garuda tetap bermain sesuai strategi yang diberikan Shin meskipun sempat tertinggal 0-1.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku sempat memberikan arahan sebelum pertandingan, memperingatkan pemain untuk tidak emosional.

"Jadi sebelum pertandingan sudah saya katakan kepada pemain, walaupun kemasukan gol jangan nafsu dan tetap bermain sesuai instruksi. Saya juga memberi semangat agar pemain lebih percaya diri," jelas Shin.

Indonesia yang sempat tertinggal lebih dulu saat melawan Malaysia, berhasil membalikkan keadaan dan menekuk Harimau Malaya 4-1. Kemenangan itu membawa Indonesia lolos ke babak semifinal dengan status juara grup.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement