UII Sukses Gelar Business and Accounting Competition 2021

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UII Yogyakarta.
Kampus UII Yogyakarta. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menggelar UII Business & Accounting Competition 2021. Kompetisi nasional bagi pelajar dan guru SMA/sederajat ini berlangsung daring dan luring.

Mengangkat tema Growing Young Entrepreneurs in the Pandemic Era, UII-BAC 2021 terbagi empat rangkaian kompetisi. Business Plan Competition, Business Education Video Competition, Infographic Poster Competition, dan Reels Video Competition.

Ketua Panitia UII-BAC 2021, Rifqi Muhammad berharap, kompetisi mengasah jiwa kewirausahaan siswa-siswa sekaligus mengeksplor ide bisnis kreatifnya. Serta, memberi kesempatan guru-guru menampilkan video edukasi kreatifnya.

"Dengan total hadiah Rp 100 juta UII-BAC 2021 dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa kompetitif, meningkatkan kreativitas dan menumbuhkan kepekaan generasi muda akan dunia bisnis yang semakin dinamis," kata Rifki.

Sekretaris Prodi Akuntansi UII itu menerangkan, secara keseluruhan ada 120 tim SMA/sederajat berbagai daerah di Indonesia yang mengikuti UII-BAC 2021. Ia merasa, ini menunjukkan semangat kompetisi generasi muda sangat besar.

Mereka berasal dari Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Makassar, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, dan lain-lain. Namun, untuk luring cuma dihadiri finalis-finalis yang terdiri dari 10 tim.

Adapun ketentuan mereka yang hadir secara luring jika salah satu finalis berada di Yogyakarta dan sekitarnya dengan radius 40 kilometer. Sedangkan, finalis lain diwajibkan mengikuti agenda secara langsung melalui YouTube Accounting UII.

Agenda ini tidak cuma jadi ajang prestisius bagi siswa/i Indonesia menunjukkan kompetensi dalam bidang bisnis dan digitalisasi yang semakin vital hari ini. Tapi, menjadi satu sarana pemantik bagi generasi muda Indonesia ke depannya.

"Melalui ini kita akan tahu talenta dalam bidang bisnis di Indonesia itu sangat luar biasa," ujar Rifqi.

UII-BAC juga perkenalan Akuntansi UII. Ketua Prodi Akuntansi, Dr Mahmudi, memaparkan jalur internasional program dan reguler. Termasuk, fasilitas double degree kampus-kampus ternama di luar negeri bagi pemilih kelas internasional.

Akuntansi UII, kata Mahmudi, merupakan prodi yang sangat berpengalaman dan berdiri lebih dari 40 tahun dan telah terakreditasi unggul Dirjen Dikti. Serta, akreditasi internasional Association of Chartered Certified Accountants (ACCA).

Mahmudi berpendapat, profesi akuntansi memiliki prospek karir yang cemerlang masa mendatang. Hal itu dibuktikan luaran alumni akuntansi yang tersebar di berbagai lembaga seperti BPK, BPKP, World Bank, dan institusi-institusi lain.

"Ini memberikan bukti kami memberikan bekal keterampilan, pengetahuan, dan moral kepada mahasiswa," kata Mahmudi.

Terkait


Mahasiswa UII Konversi Jelantah Jadi Biodiesel

UII Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023

UII Buka Prodi Doktor Ilmu Manajemen

UII Yogyakarta Salurkan Hibah Bina Lingkungan

Kondisi Pandemi, UII Tetap Konsisten Jaga Kualitas Akademik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark