Senin 20 Dec 2021 18:35 WIB

Kiprah Timnas Indonesia Hingga Tembus Semifinal Piala AFF 2020: Muda dan Berbahaya

Tiga pemain muda Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan jadi sorotan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2020.
Foto: DOK PSSI
Para pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Timnas sepak bola Indonesia memantapkan langkah ke semifinal Piala AFF 2020 setelah menghajar Malaysia dengan skor 4-1 di partai pamungkas Grup B, Ahad (19/12) malam WIB. Sempat tertinggal lewat gol cepat Malaysia pada menit ke-13 melalui sontekan Kogileswaran, skuad Garuda berhasil bangkit dengan membalas empat gol sekaligus.

Irfan Jaya memborong dua gol, sementara Pratama Arhan dan Elkan Baggot masing-masing menyumbang satu gol. Kemenangan 4-1 membuat Indonesia memimpin klasemen akhir Grup B Piala AFF 2020.

Baca Juga

Meski mengantongi poin yang sama dengan Vietnam, tim Merah-Putih unggul dalam selisih gol. Berstatus juara grup membuat Indonesia akan menghadapi tuan rumah Singapura di babak semifinal pada 22 dan 25 Desember 2021 mendatang.

Belum terkalahkan di kompetisi ini membuat beberapa pemain skuad Garuda menjadi sorotan. Pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong, sengaja memperbanyak pemain junior daripada penggawa senior untuk Piala AFF 2020.

Deretan wajah-wajah segar membuat Indonesia menjadi tim dengan skuad termuda kedua (rata-rata 23,8 tahun) setelah Timor Leste (21,3 tahun). Dari total 30 pemain yang dibawa ke Singapura, separuh di antaranya berusia 18-23 tahun. Jumlah itu dua kali lebih banyak dibandingkan dengan rombongan Piala AFF 2018 lalu.

Sejauh ini, tiga nama yang cukup mendapat sorotan adalah Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan. Meski berposisi asli sebagai bek, ketiganya mampu memegang peran penting dan tanggung jawab dari pelatih.

photo
Pesepak bola timnas Indonesia Rachmat Irianto (kanan) berusaha melewati pesepak bola Malaysia Mohamad Faisal (tengah) dalam pertandingan Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12/2021). Indonesia menang dengan skor 4-1 dan lolos ke babak semifinal Piala AFF. - (Antara/Humas PSSI)

 

Di bawah kendali Shin Tae-yong, Rachmat yang sejatinya berposisi sebagai bek cenderung tampil sebagai gelandang jangkar. Ia bahkan salah satu pemain yang selalu berada di starting line-up fase grup Piala AFF 2020.

Saat menghadapi Malaysia, Rian, panggilan akrabnya, berduet dengan Ricky Kambuaya di lini tengah. Dalam catatan statistik AFF, pemain Persebaya Surabaya itu menggoreskan rata-rata tekel sukses mencapai 88,9 persen. Di laga sebelumnya, ia bahkan menjadi pembuka keran gol Indonesia saat melawan Kamboja di partai perdana.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement