Selasa 21 Dec 2021 12:17 WIB

Omicron Sumbang 73 Persen Kasus Baru Covid-19 di AS

Peningkatan infeksi varian omicron hampir enam kali lipat dalam satu minggu.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Varian Omicron telah menyumbang 73 persen dari infeksi baru Covid-19 di Amerika Serikat (AS). Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menunjukkan peningkatan infeksi varian omicron hampir enam kali lipat dalam satu minggu.

Omicron menyumbang sekitar 90 persen infeksi baru di wilayah New York, wilayah tenggara AS, wilayah midwest, dan Pacific Northwest.  Angka nasional menunjukkan bahwa lebih dari 650 ribu infeksi omicron terjadi di AS pada pekan lalu.

Baca Juga

Perkiraan CDC didasarkan pada ribuan spesimen virus Corona yang dikumpulkan setiap pekan melalui laboratorium universitas dan komersial, serta departemen kesehatan negara bagian dan lokal.  Para ilmuwan menganalisis urutan genetik mereka untuk menentukan varian Covid-19 mana yang paling mendominasi.

Sejak akhir Juni, varian Delta telah mendominasi infeksi Covid-19 di AS. Pada akhir November, lebih dari 99,5 persen kasus virus Corona terkait dengan varian delta. Direktur CDC, Rochelle Walensky, mengatakan, angka baru tersebut mencerminkan jenis pertumbuhan yang terlihat di negara lain. "Angka-angka ini sangat mencolok, tetapi tidak mengejutkan," ujar Walensky.

Pada Senin (20/12), CDC merevisi perkiraan kasus Omicron selama sepekan terakhir. Setelah menganalisis lebih banyak sampel, sekitar 13 persen kasus terkait dengan omicron. Data ini merevisi laporan sebelumnya yang menyatakan, varian Omicron menyumbang tiga persen kasus yang dilaporkan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيَاتُنَا بَيِّنٰتٍۙ قَالَ الَّذِيْنَ لَا يَرْجُوْنَ لِقَاۤءَنَا ائْتِ بِقُرْاٰنٍ غَيْرِ هٰذَآ اَوْ بَدِّلْهُ ۗ قُلْ مَا يَكُوْنُ لِيْٓ اَنْ اُبَدِّلَهٗ مِنْ تِلْقَاۤئِ نَفْسِيْ ۚاِنْ اَتَّبِعُ اِلَّا مَا يُوْحٰٓى اِلَيَّ ۚ اِنِّيْٓ اَخَافُ اِنْ عَصَيْتُ رَبِّيْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيْمٍ
Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami dengan jelas, orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami berkata, “Datangkanlah kitab selain Al-Qur'an ini atau gantilah.” Katakanlah (Muhammad), “Tidaklah pantas bagiku menggantinya atas kemauanku sendiri. Aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku. Aku benar-benar takut akan azab hari yang besar (Kiamat) jika mendurhakai Tuhanku.”

(QS. Yunus ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement