Selasa 21 Dec 2021 12:40 WIB

Manfaat Besar Ubi Jalar untuk Kesehatan

Ubi jalar manis, bertepung, dan sarat dengan banyak nutrisi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Manfaat ubi jalar untuk kesehatan (ilustrasi).
Foto: Indira Rezkisari
Manfaat ubi jalar untuk kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Soal camilan sehat, ubi jalar bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dikonsumsi. Ubi jalar manis, bertepung, dan sarat dengan banyak nutrisi sehingga ketika Anda konsumsi membuat sehat dan ketagihan.

Dilansir di laman thetealmango.com pada Selasa (21/12), ubi jalar ini baik untuk kesehatan. Berikut delapan manfaat ubi untuk tubuh Anda yakni:

Baca Juga

1. Kaya vitamin A

Kekurangan vitamin A adalah masalah serius. Hal ini dapat mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh terhadap penyakit infeksi, meningkatnya angka kesakitan infeksi, mata kering, batuk, pilek dan lain-lain. Ubi jalar kaya akan Vitamin A sehingga membantu tubuh Anda melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan Anda.

2. Redakan saat alami stres

Anda dapat menambahkan ubi jalar yang lezat ke dalam diet dan mengucapkan selamat tinggal pada stres. Menurut banyak penelitian, mereka termasuk magnesium, mineral penting yang membantu fungsi normal tubuh Anda. Magnesium juga melindungi otak Anda dari depresi dan kecemasan. Jadi, lain kali Anda merasa tertekan, makanlah ubi jalar.

3. Mengobati radang sendi secara alami

Ubi jalar sangat bermanfaat melawan peradangan. Mereka juga bisa melawan gejala radang sendi seperti nyeri, peradangan, pembengkakan, dan lain-lain. Kehadiran beta karoten dalam sayuran ini menetralkan radikula bebas yang diproduksi di tempat peradangan.  

4. Sifat antikanker

Salah satu keunggulan unggul makan ubi jalar adalah memiliki sifat antikanker. Mereka diisi dengan protein yang dikenal sebagai sporamin. Banyak penelitian mengeklaim bahwa protein ini dapat mencegah perkembangan sel kanker di tubuh Anda.

5. Peningkatan pencernaan

Ubi jalar kaya akan magnesium dan serat makanan dan kedua sifat ini menjadikannya fasilitator pencernaan yang sangat baik. Kehadiran pati dalam ubi jalar membuatnya mudah dicerna dan memiliki efek menenangkan pada perut dan usus Anda.

6. Mengurangi peradangan

Konsentrasi tinggi beta karoten, magnesium, dan vitamin C yang ada dalam ubi jalar mengurangi peradangan internal dan eksternal. Properti ini umum di kedua ubi jalar dan kentang biasa.

7. Tinggi antioksidan

Ubi jalar mengandung antioksidan yang tinggi. Mereka adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Ubi jalar berwarna oranye kaya akan beta-karoten, yang merupakan antioksidan kuat. Konsumsi ubi jalar secara teratur mengeluarkan semua racun dari tubuh Anda.

8. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda mencoba yang terbaik untuk menurunkan berat badan ekstra dari tubuh Anda tetapi sia-sia makan ubi jalar dapat membuat Anda lega. Ubi jalar kaya akan serat makanan.  

Artinya, konsumsinya akan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan. Anda dapat memasangkan konsumsi ubi jalar dengan makanan diet lain dan olahraga, dan Anda akan melihat perubahan dalam beberapa pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement