Selasa 21 Dec 2021 14:37 WIB

Kiper Singapura Akui Tekanan Besar Jadi Tuan Rumah Piala AFF

Kiper Singapura Sunny Hassan percaya bisa taklukkan Indonesia di semifinal Piala AFF.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Timnas Singapura di Piala AFF 2020.
Foto: Dok AFF Suzuki Cup
Timnas Singapura di Piala AFF 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Timnas Singapura mendapat tekanan dari penggemar menjelang duel leg pertama semifinal Piala AFF 2020 kontra Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12). Penyebabnya, Singapura lolos ke babak semifinal sebagai runner-up Grup A, padahal berstatus sebagai tuan rumah.

Kiper Singapura Sunny Hassan mengakui tidak mudah tampil sebagai tuan rumah. Apalagi di antara empat tim yang melaju ke semifinal, hanya Singapura yang mengalami kekalahan. Skuad the Lions bahkan mendapat sorakan dari penggemar mereka saat kalah 0-2 dari Thailand pada laga terakhir Grup A.

Baca Juga

"Jujur saya terkejut saat itu, tapi memang kami tidak bisa mengabaikannya. Kami harus melupakan itu dan yang bisa kami lakukan hanya main sebaik-baiknya dan berharap penggemar tetap mendukung kami," kata kata Sunny dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (21/12).

Menurut Sunny, mental akan kembali jatuh ketika tim harus kalah di kandang dan depan penggemar sendiri. Namun Sunny sadar, seharusnya bermain sebagai tuan rumah bisa menjadi keuntungan untuk Singapura.

"Penggemar memberikan tenaga lebih kepada kami di lapangan dan itu jadi tekanan tersendiri bagi Indonesia," kata Sunny optimistis.

Sunny menegaskan, Singapura tidak cukup hanya mempersiapkan kondisi fisik saja. Namun juga taktik bahkan mental tim harus kembali bangun usai dikalahkan Thailand di laga terakhir babak penyisihan. Apalagi kini mereka sudah sampai di empat besar dan dalam laga do or die.

"Lawan Indonesia kami sudah siap. Itu akan jadi laga sulit sekaligus menarik," kata Sunny.

Namun Sunny engga melihat lebih jauh soal peluang Singapura lolos ke babak final. Menurutnya, the Lions saat ini harus fokus pada leg pertama dan meraih kemenangan agar mempermudah jalan Singapura menuju final Piala AFF.

"Kami tahu siapa lawan kami. Indonesia sangat kuat secara individu dan mereka punya pemain cepat yang tidak kenal lelah. Saya percaya pada tim saya, kami kuat secara satu kesatuan, kami harus tampil baik dan jika itu terjadi, siapa pun akan sulit mengalahkan kami," kata Sunny menegaskan.

Dari sembilan pertemuan di Piala AFF, Singapura sedikit unggul. The Lions menang empat kali dan kalah tiga kali. Dua laga lainnya berakhir imbang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement