Selasa 21 Dec 2021 21:13 WIB

Terkait Lokasi Formula E, PDIP Tunggu Penjelasan Anies

PDIP menegaskan, interpelasi Formula E akan tetap dilanjutkan.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Andri Saubani
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Gilber menyatakan, PDIP menunggu penjelasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait lokasi balapan Formula E.
Foto: Dok DPRD DKI
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak. Gilber menyatakan, PDIP menunggu penjelasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait lokasi balapan Formula E.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak, mengatakan, pihaknya masih menunggu penjelasan dari Pemerintah Provinsi DKI melalui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk mengumumkan lokasi balap Formula E (FE). Menurut dia, bocoran dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, dan Dirut Jakpro, Widi Amanasto, yang menyebut lokasi sirkuit di Ancol, Jakarta Utara, belum bisa dipastikan.

“Kita tunggu penjelasan resmi Gubernur saja. Tentunya ini uang APBD, yang menjadi tanggungjawab Pemprov untuk menyampaikannya,” kata Gilbert kepada Republika, Selasa (21/12).

Baca Juga

Ditanya sikap PDIP yang akan berubah jika lokasi Formula E sudah pasti, Gilbert menampiknya. Menurut dia, interpelasi berfokus pada anggaran dan kebijakan, alih-alih dari lokasi sirkuit.

“Interpelasi bukan soal lokasi. Tetapi soal APBD, dan kebijakan yang diambil,” tutur dia.

Gilbert menegaskan, interpelasi akan tetap dilanjutkan karena belum tuntas. Sementara, anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan, mengatakan, soal pemilihan sirkuit Formula E, pihaknya menuntut ada kajian mendalam lebih jauh dari pihak terkait.

“Kita ingat bahwa sejak awal persiapan Formula E ini, tidak memiliki perencanaan yang matang dan terkesan dipaksakan,” kata August.

Dia mengenang, saat ada pilihan awal di Monas, Pemprov DKI juga terkesan minim koordinasi dengan Pemerintah Pusat. Alhasil, revitalisasi untuk kepentingan balap juga disebut dia terpaksa dibongkar.

“Jangan sampai hal seperti ini terjadi lagi,” ucapnya.

 

Terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta semua pihak untuk bersabar dalam menunggu kepastian lokasi Formula E. Menurut dia, pihaknya masih perlu mengkaji beberapa hal.

“Mengenai Formula E kita masih tunggu ya, sabar ya,” kata Riza, Selasa.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengatakan, gelaran balap Formula E akan dilaksanakan di Ancol, Jakarta Utara, Juni 2022. Hal itu, dikatakan Fadil, saat ada pembicaraan terkait lokasi sirkuit untuk balap jalanan di Ancol nanti.

“Mudah-mudahan Ancol segera bangun ini (sirkuit balap jalanan) karena Formula E kan ada di sana,” kata Fadil kepada awak media, Senin (20/12).

Dia berharap, dengan adanya sirkuit itu, ekosistem balap akan berkembang. Bahkan, kata dia, perekonomian juga akan berkembang dengan adanya hal tersebut.

Terpisah, Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto, mengatakan, lokasi balap Formula E akan diumumkan Kamis (22/12) nanti. Menurut dia, pengumuman penentuan lokasi itu akan resmi setelah sebelumnya ditentukan ada lima pilihan lokasi sirkuit.

"Iya, malam ini atau mungkin tanggal 22 langsung kita umumkan," kata Widi, Senin.

photo
Formula E Diinterpelasi, Anies Bergeming - (Infografis Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement