Kasus Tuberkulosis Asia Tenggara Meningkat Selama Pandemi

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Tuberkulosis.
Ilustrasi Tuberkulosis. | Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rendahnya tingkat deteksi kasus tuberkulosis (TB) tetap menjadi salah satu hambatan paling signifikan dalam memerangi TB di wilayah Asia Tenggara, tantangan yang semakin diperburuk oleh Covid-19.

TB merupakan salah satu penyebab utama kematian akibat penyakit menular di kawasan Asia-Pasifik, dengan wilayah WHO di Asia Tenggara yang menyaksikan jumlah terbesar kasus TB baru secara global.

Selama dua hari pada tanggal 30 November dan 7 Desember 2021, Johnson & Johnson, bersama dengan Program Tuberkulosis Nasional Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, menyelenggarakan Forum Tuberkulosis Asia-Pasifik 2021 (Asia-Pacific Tuberculosis Forum 2021). 

Forum tersebut diselenggarakan dengan tujuan mendorong kemajuan regional menuju penghentian tuberkulosis (TB), yang meskipun dapat dicegah dan diobati, tetap menjadi salah satu penyebab utama kematian akibat penyakit menular di wilayah Asia-Pasifik.

Dengan tema ‘Bersatu Melawan TB’ (United Against TB), forum virtual dalam dua hari tersebut dihadiri oleh hampir 500 peserta, termasuk para pemimpin, pembuat kebijakan, LSM, dan dokter dari seluruh wilayah Asia-Pasifik. Pembicara dari Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam berbagi praktik terbaik, pembelajaran, tantangan, dan rekomendasi lokal, dengan tujuan bersama untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengakhiri TB pada tahun 2030.

Di Asia Pasifik, kejadian TB diperkirakan 6,1 juta pada tahun 2020, tetapi hanya 3,9 juta kasus yang dilaporkan. Khususnya, wilayah WHO Asia Tenggara membawa beban TB tertinggi secara global, melaporkan jumlah kasus baru terbesar (43 persen) pada tahun 2020.

Sebanyak 4 dari 10 orang dengan TB di wilayah tersebut tidak terdiagnosis dan tidak diobati, situasi yang diperburuk oleh gangguan kesehatan yang disebabkan oleh COVID-19. Hal ini pada gilirannya telah menyebabkan jumlah orang yang didiagnosis dan dirawat di negara-negara yang terkena dampak terburuk turun ke tingkat 2008, mengancam kemajuan menuju penghentian TB.

Berkaca pada forum tersebut, Ana-Maria Ionescu, Global TB Franchise Lead, Johnson & Johnson Global Public Health, mengatakan bahwa forum tersebut menunjukkan tekad, fokus, dan inovasi komunitas TB dan program TB nasional di Asia-Pasifik, yang telah menjadi sangat penting dalam menjaga penyelamatan jiwa, kesinambungan layanan TB penting bagi begitu banyak orang yang hidup dengan TB, dan mengurangi beberapa dampak terburuk Covid-19.

"Johnson & Johnson sangat berkomitmen untuk membuka inovasi di tingkat lokal, regional, dan global untuk menemukan jutaan orang hilang dan tidak terdiagnosis yang hidup dengan tuberkulosis – dan dengan cara ini berkontribusi terhadap tujuan yang kita semua bersama – menjadikan TB sebagai penyakit masa lalu," ujar Ana-Maria Ionescu dalam rilis yang diterima Republika, Selasa (21/12).

Manajer Program Nasional Tuberkulosis di Indonesia Kementerian Kesehatan RI Tiffany Tiara Pakasi, mengatakan meskipun Indonesia telah membuat kemajuan besar selama beberapa tahun terakhir dalam hal peningkatan akses ke perawatan bagi mereka yang terkena dampak TB, Indonesia masih menempati urutan ketiga untuk kejadian TB secara global.

"Kami menyambut baik kemitraan dari pemimpin dan mitra layanan kesehatan global seperti Johnson & Johnson, yang akan mendukung upaya berkelanjutan yang sangat dibutuhkan untuk mengakhiri TB di Indonesia," ujar Tiffany.

Mengambil pendekatan peta jalan untuk membangun strategi penemuan pasien di masa mendatang, diskusi forum ini berpusat pada pemanfaatan pemikiran inovatif, teknologi, dan pendekatan kemitraan publik-swasta yang mempercepat dampak implementasi.

"Meningkatkan tingkat pemberitahuan TB tetap menjadi prioritas, yang memerlukan intensifikasi penemuan kasus baik di dalam maupun di luar fasilitas kesehatan," kata Dr. Tiffany.

Pelajaran dari menangani krisis kesehatan global lainnya, seperti Covid-19 dan HIV, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan tanggapan TB yang ada saat ini. Peluang harus terus diidentifikasi untuk melengkapi atau bahkan berintegrasi dengan upaya penanganan Covid-19 saat ini, seperti melakukan pengujian simultan untuk COVID-19 dan TB.

Ana-Maria Ionescu menambahkan, teknologi baru dapat membantu mendukung dan mengatasi setiap tahap perjalanan pasien TB, mulai dari memanfaatkan analisis data dan pembelajaran mesin untuk meningkatkan tingkat pemberitahuan TB, hingga memanfaatkan teknologi sinar-X terbaru dan diagnostik molekuler untuk meningkatkan diagnosis TB dini dan membantu memastikan bahwa pasien mendapatkan pengobatan yang tepat waktu dan optimal. Telehealth dan digitalisasi juga akan memainkan peran yang semakin penting dalam pengendalian dan pencegahan TB.

"Membentuk kemitraan strategis antara sektor publik dan swasta dan membawa lebih banyak pemangku kepentingan, seperti otoritas lokal, lembaga, dan organisasi sosial dan sipil, ke dalam gerakan TB adalah kunci untuk mengakhiri TB," ujar Ana-Maria Ionescu.

Kolaborasi inovatif perlu melampaui lini industri untuk memenuhi kebutuhan pasien dengan lebih baik. Contoh penting termasuk kemitraan antara Xian Janssen Pharmaceutical dan Tencent di China untuk bersama-sama membangun platform pasien TB yang resistan terhadap obat dalam menyediakan layanan terkait kesehatan, dan mendukung MTV Staying Alive Foundation di India dalam kampanye 'edutainment' untuk mendorong kesadaran dan pendidikan di kalangan anak muda.

Selain itu, Johnson & Johnson bekerja sama dengan PATH on Breath for Life (B4L), sebuah inisiatif yang diluncurkan pada tahun 2016 yang bertujuan untuk mempercepat deteksi, pengobatan, dan pencegahan kasus TB anak melalui penguatan sistem kesehatan di provinsi pegunungan pedesaan utara Nghe An, Vietnam.

Stigma dan diskriminasi yang terkait dengan TB terus menghambat upaya penemuan kasus dan diagnosis yang efektif. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mendorong komunikasi kesehatan langsung dan tidak langsung kepada pasien, anggota keluarga dan masyarakat untuk memfasilitasi ekosistem yang mendukung bagi pasien.

Misalnya, ‘Mengakhiri TB di Tempat Kerja’ adalah inisiatif yang bertujuan untuk mendorong sektor swasta memainkan peran yang menentukan dalam mengatasi penyakit, dengan memanfaatkan potensi bisnis yang belum dimanfaatkan di seluruh dunia untuk menjangkau jutaan pekerja dan komunitas mereka.

Forum tersebut juga menekankan pentingnya memobilisasi generasi muda untuk mengakhiri TB. Orang-orang muda berusia antara 15-34 tahun terkena TB secara tidak proporsional, membawa beban penyakit terberat.

Johnson & Johnson menyadari bahwa langkah pertama yang penting adalah memungkinkan partisipasi mereka yang berarti dalam upaya TB nasional dan akan menjajaki inisiatif yang ditujukan untuk mengaktifkan pemuda sebagai agen perubahan di wilayah tersebut. 

Terkait


Kasus Covid-19 Melandai, Harapan Baru Penanganan TBC

Kemenkes: Pemerintah Sediakan Obat Tuberkulosis Gratis 

Anak dengan Kondisi Gizinya tak Baik Berpotensi Sakit TB

Cakupan Pengobatan Tuberkolosis Turun karena Pandemi

Gangguan Covid Sebabkan Banyak Kematian TBC di Negara Miskin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark