Rabu 22 Dec 2021 11:22 WIB

iPhone Baru akan Hadirkan Kamera Periskop pada 2023

Seri iPhone 15 kemungkinan akan menghadirkan kamera periskop.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Iphone 13
Foto: istimewa
Iphone 13

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- iPhone memiliki reputasi yang kuat untuk kecanggihan kamera. Setiap generasi baru semakin memperkuat warisan itu.

Hanya saja, ada satu area di mana iPhone tertinggal di belakang saingannya Android. Itu adalah kinerja zoom kamera.

Baca Juga

Kini Apple siap untuk peningkatan besar-besaran dengan melengkapi iPhone dengan kamera zoom telephoto gaya periskop, klaim analisis TFI Securities Ming-Chi Kuo.

Dilansir dari Digital Trends melalui MacRumors, Rabu (22/12), iPhone 13 Pro Max yang hanya menawarkan tiga kali optical zoom in dan 15x digital zoom output. Sedangkan, ponsel flagship dari Samsung, Huawei, dan Xiaomi di atas kertas  memiliki spesifikasi kamera yang lebih unggul. 

Samsung Galaxy S21 Ultra menghadirkan zoom optik lossless 10x yang mengesankan dan naik hingga 100x dengan beberapa cropping dan zoom digital. Huawei P40 Pro+ juga menghadirkan 10x optical zoom, sedangkan Xiaomi Mi 11 Ultra menjanjikan 120x digital zoom range.

Namun, penggemar harus menunggu beberapa saat sebelum mereka dapat melihat kamera telephoto bergaya teleskop di iPhone. Kuo mengatakan kamera periskop hanya akan muncul di iPhone pada 2023, dengan iPhone 15 Pro Max menjadi kandidat yang paling mungkin untuk mendapatkan peningkatan.

Sebelum itu terjadi, Kuo juga memprediksi duo iPhone 14 Pro akan melakukan lompatan ke kamera 48MP, naik dari sensor 12 MP pada kuartet iPhone 12

Apakah Kamera Periskop Itu?

Oppo adalah yang pertama memamerkan teknologi kamera periskop pada 2017,. Namun, Huawei mengalahkannya ke pasar dengan meluncurkan unggulan P30 Pro pada 2019 yang menawarkan zoom optik lima kali. 

Kamera bergaya periskop-juga dikenal sebagai sistem kamera lensa terlipat- mengandalkan sistem terowongan berbentuk L di mana sensor kamera telephoto ditempatkan pada sudut yang tepat dibandingkan dengan kamera lain yang diposisikan tepat di belakang lensa. Untuk membelokkan cahaya pada sudut 90 derajat, sistem lensa terlipat menggunakan prisma yang membelokkan cahaya dan melewatkannya melalui terowongan elemen lensa yang bergerak sebelum jatuh pada sensor.

Tentu saja, ketebalan tonjolan kamera naik.  Tetapi pertukarannya sangat berharga. Bagi orang-orang yang menyukai fotografi jarak jauh, output zoom optik yang lebih tinggi adalah anugerah. Kuo tidak merinci tentang strategi kamera periskop Apple, tetapi aman untuk mengasumsikan perusahaan akan menargetkan output zoom optik empat kali lossless minimum pada seri iPhone 15-cukup untuk membuat perbedaan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهٗ ۙ لِئَلَّا يَكُوْنَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ اِلَّا الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِيْ وَلِاُتِمَّ نِعْمَتِيْ عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
Dan dari manapun engkau (Muhammad) keluar, maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu, agar tidak ada alasan bagi manusia (untuk menentangmu), kecuali orang-orang yang zalim di antara mereka. Janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, agar Aku sempurnakan nikmat-Ku kepadamu, dan agar kamu mendapat petunjuk.

(QS. Al-Baqarah ayat 150)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement